Comscore Tracker

Mission Complete! 5 Fakta Menarik J1 League Musim Ini

Leandro Damiao jalani musim sempurna

J1 League musim kompetisi 2021 sudah berakhir. Kawasaki Frontale berhasil mengunci gelar juara sejak pekan ke-34 lalu. Keberhasilan mereka mempertahankan gelar juara musim ini membuat mereka menyamai pencapaian Yokohama Marinos. Kini, kedua tim sama-sama mengoleksi 4 gelar juara J1 League.

Tak hanya itu, beberapa catatan menarik juga tersaji usai laga pamungkas J1League pada 4 Desember lalu. Berikut lima fakta menarik dari J1League 2021.

1. Toru Oniki jadi pelatih tersukses

Mission Complete! 5 Fakta Menarik J1 League Musim IniKawasaki Frontale merayakan gelar juara J1 League 2021. (twitter.com/frontale_staff)

Sejak memulai debut sebagai pelatih pada 2017 lalu, Toru Oniki mencatatkan prestasi gemilang di J1 League bersama Kawasaki Frontale. Dari 174 laga, pelatih berusia 47 tahun itu berhasil membawa timnya meraup 112 kemenangan, 40 kali seri, dan hanya 22 kali menderita kekalahan.

Selama lima musim berkompetisi di J1 League, Oniki sukses mempersembahkan 4 gelar juara pada tahun 2017, 2018, 2020, dan 2021. Tak ayal, kini ia berstatus sebagai pelatih tersukses di J1League karena sanggup melampaui pencapaian Hajime Moriyasu dan Oswaldo de Oliveira yang mengoleksi 3 gelar J1 League.

2. Dua tim lolos otomatis ke Liga Champions Asia

Mission Complete! 5 Fakta Menarik J1 League Musim IniLeandro Damiao dan rekannya merayakan keberhasil meraih gelar juara J1 League 2021. (twitter.com/LeandroDamiaoo)

Sang juara, Kawakasi Frontale, dan Yokohama Marinos yang berada di peringkat kedua berhak berpartisipasi di Liga Champions Asia 2022. Sementara Vissel Kobe dan Kashima Antlers yang nangkring di posisi selanjutnya harus melewati jalur play-off terlebih dahulu.

Kawasaki Frontale siap menebus kegagalan mereka di Liga Champions Asia 2021. Musim ini, langkah mereka terhenti di babak 16 besar setelah takluk dari Ulsan Hyundai dalam drama adu penalti.

Baca Juga: Jadwal Liga Champions: Laga Krusial AC Milan dan Barcelona

3. Empat tim turun kasta

Mission Complete! 5 Fakta Menarik J1 League Musim IniPara pemain Oita Trinita melakukan selebrasi usai mencetak gol. (twitter.com/TRINITAofficial)

Persaingan untuk lolos dari jurang degradasi juga sangat ketat. Shonan Bellmare akhirnya sukses bertahan di J1 League meski hanya meraih hasil imbang melawan Gamba Osaka di pekan terakhir.

Kepastian tersebut didapat setelah Tokushima Vortis tak mampu menambah poin akibat kekalahan dari Sanfrecce dengan skor 2-4. Alhasil, Tokushima Vortis harus turun kasta ke J2 League bersama Oita Trinita, Vegalta Sendai dan Yokohama FC.

4. Dua tim J2League naik kasta

Mission Complete! 5 Fakta Menarik J1 League Musim IniJubilo Iwata merayakan gelar juara J2 League 2021. (twitter.com/Jubiloiwata_YFC)

Musim ini, peserta J1 League berjumlah 20 tim karena degradasi musim sebelumnya ditiadakan menyusul pandemi yang melanda. Musim depan, peserta J1 League akan kembali dipangkas menjadi 18 tim.

Dua tim J2 League yang berhasil naik kasta musim depan adalah sang juara, Jubilo Iwata, yang berhasil mengoleksi 91 poin. Mereka akan ditemani Kyoto Sanga yang duduk di posisi runner-up dengan perolehan 84 poin.

5. Musim yang sempurna untuk Leandro Damiao

Mission Complete! 5 Fakta Menarik J1 League Musim IniLeandro Damiao mengangkat trofi J1 League. (twitter.com/LeandroDamiaoo)

Mantan wonderkid Brasil di Olimpiade London 2012, Leandro Damiao, berhasil menyempurnakan pencapaiannya musim ini. Saat timnya, Kawasaki Frontale, telah sukses mengunci gelar juara di pekan ke-34, ia masih berjuang keras mengejar defisit gol dari ujung tombak Yokohama Marinos, Daizen Maeda, yang berdiri kokoh di puncak daftar top skor J1 League.

Usaha yang berbuah manis, striker berusia 32 tahun tersebut tak hentinya meneror gawang lawan di sisa laga. Puncaknya, Damiao berhasil menceploskan 1 gol di pekan terakhir ke gawang Yokohama Marinos. Gol tersebut menempatkan Damiao dan Maeda di posisi teratas daftar top skorer J1League dengan koleksi 23 gol.

 

Keberhasilan Kawasaki Frontale dalam mempertahankan gelar juara musim ini memang luar biasa. Namun, perjuangan mereka masih akan terus berlanjut. Musim depan, mereka membidik rekor Kashima Antlers yang sukses meraih hattrick juara J1League.

Baca Juga: Wonderkid Gagal Brasil Bawa Kawasaki Frontale Juarai Liga Jepang

Sugiadi Azhar Photo Verified Writer Sugiadi Azhar

Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya