5 Gelandang Bertahan Andalan Pep Guardiola saat Jadi Pelatih

Rata-rata gelandang ini bertubuh jangkung

Tak dapat dimungkiri, Pep Guardiola merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia yang menjadi jaminan hadirnya trofi. Terbukti, ia sukses meraih total 31 gelar bergengsi selama membesut Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City.

Salah satu kunci kesuksesan Pep adalah memasang satu gelandang bertahan dalam formasinya. Pelatih berusia 50 tahun itu gemar menggunakan jasa pemain yang tak hanya jago bertahan, tetapi juga andal dalam mengalirkan bola untuk mengisi posisi itu. Siapa saja mereka? Yuk, simak langsung daftarnya!

1. Fernandinho (228 laga)

5 Gelandang Bertahan Andalan Pep Guardiola saat Jadi PelatihPep Guardiola memberi arahan pada Fernandinho. (mancity.com)

Fernandinho merupakan pemain yang paling sering dipercaya Pep untuk menjadi jangkar di Manchester City. Hingga saat ini, ia telah diturunkan dalam 228 laga dengan torehan 11 gol dan 17 assists di semua kompetisi.

Kemampuannya dalam menyaring serangan lawan sebelum sampai ke lini pertahanan membuatnya menjadi andalan sang juru taktik. Tak hanya itu, gelandang berusia 36 tahun itu pun memiliki passing yang akurat serta tak jarang mengancam gawang lawan lewat tendangan jarak jauh yang keras.

2. Sergio Busquets (191 laga)

5 Gelandang Bertahan Andalan Pep Guardiola saat Jadi PelatihPep Guardiola memberi arahan pada Sergio Busquets. (marca.com)

Kesuksesan Barcelona di tangan Pep tak lepas dari peran Sergio Busquets. Pemain berusia 33 tahun itu diturunkan dalam 191 laga dengan sumbangsih 7 gol dan 12 assists.

Meski bertubuh jangkung, sang gelandang lebih mengandalkan kecerdasannya dalam bertahan maupun menyerang. Hingga saat ini, Busquets menjadi pemain tak tergantikan di Barcelona.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Barcelona Era Pep Guardiola, Messi hingga Alves

3. Rodri (128 laga)

5 Gelandang Bertahan Andalan Pep Guardiola saat Jadi PelatihPep Guardiola memberi arahan pada Rodri. (premierleague.com)

Rodri diboyong dari Atletico Madrid pada tahun 2019 lalu dengan biaya mencapai Rp1,1 triliun. Ia diproyeksikan untuk menjadi penerus Fernandinho yang performanya mulai dimakan usia.

Sempat tampil di bawah ekspektasi, Rodri akhirnya mampu mengambil alih peran Fernandinho. Hingga saat ini ia telah diturunkan dalam 128 laga di semua ajang.

Tak hanya jago bertahan dan mengalirkan bola, golnya ke gawang Arsenal di pekan ke-21 Liga Inggris juga membuktikan kemampuannya dalam memecah kebuntuan.

4. Yaya Toure (128 laga)

5 Gelandang Bertahan Andalan Pep Guardiola saat Jadi PelatihYaya Toure berjabat tangan dengan Pep Guardiola. (sportskeeda.com)

Meski dikabarkan pernah berselisih dengan Pep, nyatanya Yaya Toure merupakan salah satu pemain yang paling diandalkan Pep semasa melatih Barcelona dan Manchester City. Terbukti ia dipercaya pelatih berkepala plontos itu dalam 128 laga dengan torehan 11 gol dan 13 assists.

Kekuatan fisik dan teknik yang dimiliki membuatnya menjadi salah satu gelandang terbaik yang pernah ada. Pemain asal Pantai Gading itu memutuskan pensiun pada tahun 2020. Kini, Toure menduduki jabatan sebagai asisten pelatih di Akhmat Grozny yang berlaga di Liga Primer Rusia.

5. Xabi Alonso (79 laga)

5 Gelandang Bertahan Andalan Pep Guardiola saat Jadi PelatihPep Guardiola memberi arahan pada Xabi Alonso. (marca.com)

Setelah sekian lama menjadi rival 'panas' di LaLiga, Pep Guardiola dan Xabi Alonso akhirnya bekerja sama di Bayern Munchen. Di bawah arahan Pep, ia dipercaya tampil dalam 79 laga dengan torehan 6 gol dan 8 assists.

Kemampuan bertahan serta umpan-umpan ajaib yang dimilikinya masih terlihat dalam skema Pep kala itu. Usai memutuskan pensiun pada 2017 lalu, Xabi kini menjabat sebagai pelatih Real Sociedad B.

 

Lima pemain di atas merupakan andalan Pep untuk mengisi posisi vital di lini tengah. Mereka memiliki teknik bertahan dan mengumpan di atas rata-rata. Menurutmu, siapakah yang terbaik di antara mereka?

Baca Juga: 5 Pembelian Pemain Terburuk Sepanjang Karier Kepelatihan Pep Guardiola

Sugiadi Azhar Photo Verified Writer Sugiadi Azhar

Makasih banyak editorial team IDNTimes udah bikin tulisanku jadi makin keren. From: Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya