Comscore Tracker

Kabar Pemain yang Direkrut Bayern Munchen Bareng Robert Lewandowski

Terlempar dari persaingan

Pembukaan bursa transfer musim panas 2014 merupakan salah satu hari bersejarah bagi Bayern Munchen. Salah satu striker tertajam mereka, Robert Lewandowski, bergabung dari tim rival, Borussia Dortmund, secara cuma-cuma.

Hingga saat ini, kapten timnas Polandia itu telah mempersembahkan total 18 gelar bergengsi untuk Bayern Munchen. Lalu, seperti kabar pemain lain yang direkrut Bayern Munchen bareng Lewandowski?

1. Medhi Benatia (pensiun)

Kabar Pemain yang Direkrut Bayern Munchen Bareng Robert LewandowskiMedhi Benatia dalam sebuah sesi latihan. (instagram.com/m.benatia5)

Medhi Benatia direkrut Bayern Munchen dari AS Roma pada 27 Agustus 2014 dengan tebusan Rp487 miliar. Sayangnya, bek asal Maroko tersebut kalah bersaing dengan Jerome Boateng dan Dante.

Selama dua musim berkostum Bayern Munchen, Benatia hanya mampu menorehkan 46 laga di semua kompetisi. Setelah itu, ia sempat dipinjamkan ke Juventus hingga akhirnya dipermanenkan klub asal Turin itu pada 2017 dengan tebusan Rp290 miliar.

Pria berusia 34 tahun itu memutuskan gantung sepatu pada 18 November 2021. Terakhir kali ia tampil membela Karagumruk di Super Lig Turki.

2. Juan Bernat (Paris Saint-Germain)

Kabar Pemain yang Direkrut Bayern Munchen Bareng Robert LewandowskiJuan Bernat tampil berkostum PSG. (Instagram.com/juanbernat)

Juan Bernat merupakan jebolan akademi Valencia yang mendarat di Allianz ArenA pada 7 Juli 2014 dengan mahar Rp174 miliar. Pada musim pertama, fullback asal Spanyol tersebut menjadi pemain tak tergantikan di posisinya. Namun, musim selanjutnya, tempatnya diambil alih David Alaba yang tampil lebih konsisten.

Menjelang penutupan bursa transfer musim panas 2018, Bernat akhirnya dilepas ke Paris Saint-Germain dengan tebusan Rp87 miliar. Ia mencatatkan total 113 laga di semua kompetisi untuk Bayern Munchen. Pada 2021/2022 ini, pemain berusia 28 tahun itu harus berbagi menit bermain dengan Nuno Mendes yang tampaknya lebih dipercaya Mauricio Pochettino, juru taktik PSG, untuk mengisi posisi bek kiri.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Bayern Munchen Tahun Ini, Lewandowski hingga Davies

3. Xabi Alonso (pelatih Real Sociedad B)

Kabar Pemain yang Direkrut Bayern Munchen Bareng Robert LewandowskiXabi Alonso dilempar ke udara oleh para pemain Real Sociedad B. (twitter.com/XabiAlonso)

Sejak didatangkan dari Real Madrid pada 29 Agustus 2014, Xabi Alonso yang ditebus dengan biaya Rp156 miliar langsung menjadi konduktor di lini tengah. Selama tiga musim mentas di Allianz ArenA, ia mampu mencatatkan 117 penampilan di semua kompetisi.

Setelah memberikan lima gelar bergengsi untuk Bayern Munchen, pria berusia 40 tahun itu memutuskan pensiun pada 1 Juli 2017. Sempat menjabat sebagai pelatih tim junior Real Madrid, Xabi Alonso kini menapaki karier sebagai pelatih Real Sociedad B.

4. Pepe Reina (Lazio)

Kabar Pemain yang Direkrut Bayern Munchen Bareng Robert LewandowskiPepe Reina bersama burung elang yang merupakan maskot Lazio. (twitter.com/PReina25)

Pepe Reina didatangkan dari Liverpool pada 8 Agustus 2014 dengan biaya Rp52 miliar. Kiper plontos asal Spanyol itu sejak awal memang didapuk sebagai pelapis Manuel Neuer. Praktis, ia hanya mampu mencatatkan tiga penampilan untuk Bayern Munchen.

Musim berikutnya, Pepe Reina dilepas ke Napoli dengan tebusan Rp35 miliar. Kini, pemain berusia 39 tahun itu membela Lazio di pentas Serie A. Sayangnya, dalam enam laga terakhir, tempatnya di bawah mistar gawang diambil alih kiper timnas Albania, Thomas Strakosha.

5. Sinan Kurt (tanpa klub)

Kabar Pemain yang Direkrut Bayern Munchen Bareng Robert LewandowskiSinan Kurt dalam sesi latihan bersama Bayern Munchen. (fcbayern.com)

Melihat potensinya yang besar kala membela Borussia Monchengladbach U-19, Sinan Kurt direkrut Bayern Munchen pada 31 Agustus 2014 dengan biaya Rp52 miliar. Sayangnya, ia hanya mampu mencatatkan satu penampilan selama dua musim berkostum Die Bayern.

Pada 7 Januari 2016, Kurt akhirnya dilepas ke Hertha Berlin dengan tebusan hanya Rp9 miliar. Kini, winger berusia 25 tahun itu masih berstatus tanpa klub usai dilepas FC Nitra pada 1 Juli 2021.

6. Ivan Lucic (NK Istra)

Kabar Pemain yang Direkrut Bayern Munchen Bareng Robert LewandowskiIvan Lucic saat berkostum Bayern Munchen. (skysports.com)

Tak banyak yang tahu jika Ivan Lucic pernah menjadi bagian dari Bayern Munchen. Maklum, ia tak pernah sekalipun turun mengawal gawang Bayern Munchen.

Kiper berusia 26 tahun itu direkrut dari SV Ried dengan tebusan Rp7 miliar pada 1 Juli 2014. Dua tahun kemudian, ia dilepas ke Bristol City. Sayangnya, kariernya di sana juga tak mulus. Saat ini, ia berstatus sebagai kiper utama NK Istra yang berkiprah di Liga Kroasia.

7. Sebastian Rode (Eintracht Frankfurt)

Kabar Pemain yang Direkrut Bayern Munchen Bareng Robert LewandowskiSebastian Rode saat tampil berkostum Eintracht Frankfurt. (instagram.com/rodesebastian)

Seperti halnya Lewandowski, Sebastian Rode juga didatangkan secara gratis dari klub Bundesliga, Eintracht Frankfurt. Di bawah asuhan Pep Guardiola, ia mendapatkan porsi bermain yang cukup banyak meskipun gagal menjadi pilihan utama di lini tengah.

Pada 1 Juli 2016, Rode dilepas ke Borussia Dortmund dengan tebusan Rp208 miliar. Namun, ia pun gagal mendapatkan tempat utama di sana. Kini, gelandang berusia 31 tahun itu menjabat sebagai kapten Eintracht Frankfurt.

Tak seperti Lewandowski yang hingga kini masih menjadi pemain kunci Bayern Munchen, para pemain di atas terlempar dari persaingan. Mereka kini meniti karier di tempat lain. Adakah pemain idolamu yang masuk daftar tadi?

Baca Juga: Sebelum Lewandowski, 5 Striker Tajam yang Membela Bayern Munchen 

Sugiadi Azhar Photo Verified Writer Sugiadi Azhar

Makasih banyak editorial team IDNTimes udah bikin tulisanku jadi makin keren. From: Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya