5 Kekalahan Telak yang Dialami Harry Maguire Sebelum Berkostum MU

Liverpool selalu jadi momok menakutkan bagi Maguire

Harry Maguire kembali jadi kambing hitam atas kekalahan telak yang dialami Manchester United atas Liverpool, Rabu (20/4/2022) dini hari WIB. Sang kapten dinilai sebagai aktor utama keroposnya lini belakang The Red Devils.

Jika ditelisik ke belakang, ternyata bek jangkung yang kini berusia 29 tahun itu juga pernah mengalami sejumlah kekalahan telak lainnya. Berikut lima kekalahan paling memalukan yang pernah dialami Harry Maguire sebelum berkostum Manchester United.

1. Bournemouth 6-1 Hull City (EPL - 15 Oktober 2016)

5 Kekalahan Telak yang Dialami Harry Maguire Sebelum Berkostum MUJunior Stanislas melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Hull City. (premierleague.com)

Hull City melawat ke kandang Bournemouth pada pekan kedelapan Premier League musim 2016/2017. Kala itu, Harry Maguire berduet dengan sang kapten, Curties Davies, di jantung pertahanan dengan disokong Andy Robertson dan Ahmed Elmohamady di posisi bek sayap.

Namun, saat pertandingan baru memasuki menit ke-5, mereka justru kecolongan lewat gol Charlie Daniels. Setelah itu, Hull sempat menyamakan kedudukan lewat tendangan Ryan Mason pada menit ke-34. Sayangnya, Steve Cook dan Junior Stanislas kembali merobek jala gawang Hull City yang dikawal David Marshall. Babak pertama ditutup dengan skor 3-1 untuk Bournemouth.

Babak kedua keadaan jadi jauh lebih buruk bagi tim tamu. Tuan rumah melanjutkan pesta golnya lewat sontekan Junior Stanislas, Callum Wilson, serta Dan Gosling. Alhasil, tim asuhan Mike Phelan kala itu harus menelan kekalahan telak 1-6 sekaligus pulang dengan tangan hampa.

2. Crystal Palace 5-0 Leicester City (EPL - 28 April 2018)

5 Kekalahan Telak yang Dialami Harry Maguire Sebelum Berkostum MUJames McArthur dan Wilfried Zaha melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Leicester City. (twitter.com/premierleague)

Jelang akhir Premier League musim 2017/2018, Leicester City terbang ke kandang Crystal Palace untuk menjalani laga ke-36. Claude Puel, pelatih Leicester City kala itu, menugaskan Harry Maguire dan Wes Morgan untuk mengawal lini belakang bersama Ben Chilwell serta Marc Albrighton di sisi pertahanan.

Pertandingan yang digelar, Sabtu (28/4/2018), itu rupanya menjadi petaka bagi tim tamu. Mereka kebobolan dua gol lewat Wilfried Zaha dan James McArthur di babak pertama.

Babak kedua, The Foxes terpaksa bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-56 karena Marc Albrighton diusir keluar lapangan. Tak ayal, gawang Leicester yang kala itu dikawal Ben Hamer pun kembali kebobolan oleh Ruben Loftus-Cheek, Patrick van Aanholt, dan Christian Benteke. Pertandingan pun berakhir dengan kemenangan 5-0 bagi tim tuan rumah.

Baca Juga: Maguire Berang Terus Disalahkan, Klaim Selalu Main Baik untuk MU

3. Liverpool 5-1 Hull City (EPL - 24 September 2016)

5 Kekalahan Telak yang Dialami Harry Maguire Sebelum Berkostum MUAdam Lallana melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Hull City. (twitter.com/LFC)

Sejak lama ternyata Liverpool sudah jadi momok menakutkan bagi Harry Maguire. Pada 24 September 2016, Hull City bertamu ke Anfield untuk menjalani pekan keenam Premier League musim 2016/2017.

Kala itu Maguire menghabiskan babak pertama hanya duduk di bangku cadangan. Bek timnas Inggris itu harus melihat timnya kebobolan 3 gol lewat aksi Adam Lallana, James Milner, dan Sadio Mane. Babak pertama berakhir dengan keunggulan tim tuan rumah dengan skor 3-0.

Manajer Hull kala itu, Mike Phelan, lantas menurunkan Maguire di awal babak kedua menggantikan Tom Huddlestone. Setelah mampu membalas 1 gol lewat kaki David Meyler, The Tigers nyatanya kebobolan lewat sontekan Philippe Coutinho dan James Milner. Pertandingan pun berakhir dengan kemenangan telak 5-1 bagi Liverpool.

4. Manchester City 5-1 Leicester City (EPL - 10 Februari 2018)

5 Kekalahan Telak yang Dialami Harry Maguire Sebelum Berkostum MUSergio Aguero melepaskan tendangan ke gawang Leicester City. (skysports.com)

Pada musim 2017/2018 Manchester City menjadi tim yang hampir tak tersentuh. Mereka hanya menelan dua kekalahan saja hingga akhir musim. Pada periode itu, Manchester City pun tak jarang mencatatkan kemenangan telak.

Leicester City menjadi salah satu korban keganasan tim asuhan Pep Guardiola kala itu. Pada pekan ke-27 Premier League, tim asuhan Claude Puel dibabat dengan skor 5-1 saat melawat ke Etihad Stadium.

Formasi tiga bek The Foxes yang diisi Harry Maguire, Aleksandar Dragovic, dan Chrsitian Fuchs sudah kecolongan saat laga baru berusia 3 menit lewat gol Raheem Sterling. Namun, mereka mampu membalas lewat aksi Jamie Vardy. Babak pertama berakhir dengan skor imbang 1-1.

Babak kedua, Peter Schmeichel dibuat makin sibuk hingga akhirnya terpaksa empat kali memungut bola dari gawangnya lewat quattrick Sergio Aguero. Laga pun menjadi milik tim tuan rumah dengan keunggulan 5-1.

5. Everton 4-0 Hull City (EPL - 18 Maret 2017)

5 Kekalahan Telak yang Dialami Harry Maguire Sebelum Berkostum MUDominic Calvert-Lewin mencoba melepaskan tendangan di tengah kepungan pemain Hull City. (twitter.com/premierleague)

Musim 2016/2017 merupakan salah satu musim yang berat bagi Maguire. Timnya, Hull City, menjadi tim yang paling banyak kebobolan di kancah Premier League dengan 80 gol hingga terdegradasi ke Championship di akhir musim.

Penyebabnya tak lain adalah karena mereka kerap jadi lumbung gol bagi tim lawan. Salah satunya kala melawat ke kandang Everton pada 18 Maret 2017. Padahal, Marco Silva, pelatih Hull City kala itu, menurunkan formasi lima bek yang diisi Andrea Ranocchia, Harry Maguire, dan Curties Davies yang disokong oleh Andy Robertson dan Ahmed Elmohamady di sisi pertahanan.

Hingga menit ke-70 mereka hanya kebobolan 1 gol lewat kaki Dominic Calvert-Lewin. Namun, The Tigers harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-73 karena Tom Huddlestone diganjar kartu merah. Alhasil, Everton makin eksplosif dan sukses mengoyak gawang yang dijaga Eldin Jakupovic sebanyak tiga kali lagi lewat aksi Enner Valencia dan brace Romelu Lukaku.

Kekalahan telak yang dialami Harry Maguire sepatutnya jadi pelajaran berharga bagi sang bek. Meski demikian, apakah porak-poranda yang tengah melanda Manchester United saat ini sepenuhnya murni akibat penampilan buruk dari sang kapten?

Baca Juga: Kapten Manchester United Harry Maguire Terima Ancaman Bom

Sugiadi Azhar Photo Verified Writer Sugiadi Azhar

Makasih banyak editorial team IDNTimes udah bikin tulisanku jadi makin keren. From: Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya