Dipelopori Nakamura, 6 Pemain Asal Jepang yang Pernah Berkostum Celtic

Shunsuke Nakamura masih yang tersukses

Celtic merupakan klub besar yang telah menyabet 51 gelar Liga Skotlandia. Sejak tahun 2005, mereka mulai percaya dengan kemampuan pemain Jepang.

Shunsuke Nakamura menjadi rekrutan pertama mereka yang berasal dari Negeri Sakura. Si algojo tendangan bebas tersebut mengabdi selama empat musim di Celtic Park.

Berikut kiprah 6 pemain asal Jepang yang pernah berkostum Celtic, termasuk empat pemain yang saat ini masih aktif memperkuat tim.

1. Shunsuke Nakamura

Dipelopori Nakamura, 6 Pemain Asal Jepang yang Pernah Berkostum CelticShunsuke Nakamura melakukan selebrasi usai mencetak gol untuk Celtic. (planetfootball.com)

Shunsuke Nakamura merupakan pemain Jepang tersukses yang pernah membela Celtic. Ia diboyong dari Reggina pada 1 Juli 2005 dengan tebusan Rp73 miliar.

Selama empat musim berkiprah di Celtic Park stadium, ia tampil dalam 145 laga dengan torehan 31 gol dan 36 assist. Tak hanya itu, ia pun berperan besar dalam mempersembahkan 6 gelar bergengsi untuk Celtic.

Gelandang serang berusia 42 tahun itu masih eksis di dunia sepak bola hingga saat ini. Ia membela Yokohama FC yang musim depan akan berkompetisi di J2 League.

2. Koki Mizuno

Dipelopori Nakamura, 6 Pemain Asal Jepang yang Pernah Berkostum CelticKoki Mizuno tampil berkostum Hayabusa Eleven. (instagram.com/_koo29ooki_)

Kesuksesan Nakamura menjadi andalan di lini tengah Celtic menginspirasi Koki Mizuno untuk menapaktilasi jejaknya. Pada 1 Januari 2008, ia bergabung dari JEF United Chiba secara cuma-cuma.

Sayangnya, selama 2,5 musim berkostum hijau putih, Mizuno gagal memaksimalkan potensinya dan hanya mampu mencatatkan 12 penampilan dengan sumbangsih 1 gol. Saat ini di usianya yang menginjak 36 tahun, Mizuno bermain untuk tim amatir, Hayabusa Eleven, yang berkompetisi di Kanagawa Prefecture League.

3. Kyogo Furuhashi

Dipelopori Nakamura, 6 Pemain Asal Jepang yang Pernah Berkostum CelticKyogo Furuhashi melakukan selebrasi usai mencetak gol untuk Celtic. (instagram.com/kyogo_furuhashi)

Sejak bergabung dari Vissel Kobe pada 19 Juli 2021 dengan tebusan Rp94 miliar, Kyogo Furuhashi langsung jadi ujung tombak andalan Celtic. Ia sukses menorehkan 16 gol dan 5 assist dari 26 laga di semua kompetisi.

Namun, sejak Desember 2021 lalu rekening golnya terhenti. Pemain berusia 27 tahun itu dibelit cedera hamstring dan diperkirakan baru akan kembali akhir Februari 2022 nanti.

Baca Juga: 10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Jepang, Banyak Eks Barcelona

4. Daizen Maeda

Dipelopori Nakamura, 6 Pemain Asal Jepang yang Pernah Berkostum CelticDaizen Maeda melakukan selebrasi usai mencetak gol untuk Celtic. (instagram.com/m_daizen0827)

Sukses menyabet gelar top skor J1 League 2021, Daizen Maeda akhirnya kembali hijrah ke Eropa bersama Celtic. Ini merupakan kali kedua ia merantau ke luar Jepang setelah pada 2019 lalu ia sempat menjajal Liga Portugal bersama Maritimo.

Hanya butuh empat menit bagi Maeda untuk membuktikan ketajamannya di laga debut melawan Hibernian pada 18 Januari 2022 lalu. Striker berusia 24 tahun itu sukses menuntaskan umpan Tom Rogic ke sudut kiri gawang yang dikawal Matt Macey.

5. Reo Hatate

Dipelopori Nakamura, 6 Pemain Asal Jepang yang Pernah Berkostum CelticReo Hatate melakukan selebrasi usai mencetak gol untuk Celtic. (skysports.com)

Didatangkan dari klub juara J1 League 2021, Kawasaki Frontale, dengan mahar Rp26 miliar, Reo Hatate langsung mengunci satu posisi di lini tengah Celtic. Gelandang berusia 24 tahun itu tampil dominan dengan torehan 3 gol dan 1 assist dari 4 laga pertamanya.

Ia pun sukses menjadi man of the match di laga big match melawan rival terbesarnya, Rangers, pada 3 Februari 2022 lalu. Di laga tersebut ia sukses membuat Celtic menang telak dengan skor 3-0 lewat 2 gol dan 1 assist-nya.

6. Yosuke Ideguchi

Dipelopori Nakamura, 6 Pemain Asal Jepang yang Pernah Berkostum CelticYosuke Ideguchi dipamerkan sebagai penggawa baru Celtic. (skysports.com)

Yoseku Ideguchi resmi menjadi bagian dari Celtic setelah ditransfer dari Gamba Osaka dengan tebusan Rp13 miliar. Mantan pemain Leeds United itu akan terikat kontrak di Celtic Park Stadium hingga 30 Juni 2026.

Sayangnya, Ideguchi mendapatkan cedera lutut kala tampil di babak keempat Piala Skotlandia melawan Alloa Athletic pada 23 Januari lalu. Diperkirakan gelandang berusia 25 tahun itu baru akan kembali merumput pada pertengahan Februari 2022.

 

Kesuksesan Shunsuke Nakamura yang menjadi pelopor sekaligus pemain tersukses Jepang di Celtic tentu menjadi motivasi bagi pemain lainnya untuk mengikuti jejaknya. Patut ditunggu, apakah Kyogo Furuhashi, Reo Hatate, Daizen Maeda, dan Yosuke Ideguchi mampu menghadirkan banyak gelar untuk Celtic?

Baca Juga: 5 Pemain Jepang yang Pernah Membela Eintracht Frankfurt, Siapa Saja?

Sugiadi Azhar Photo Verified Writer Sugiadi Azhar

Makasih banyak editorial team IDNTimes udah bikin tulisanku jadi makin keren. From: Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya