Kabar Terkini 5 Pewaris Nomor Punggung 9 Fernando Torres di Liverpool

Sempat jadi nomor kutukan!

Fernando Torres tiba di Anfield pada 4 Juli 2007 setelah ditebus dari Atletico Madrid dengan mahar Rp660 miliar. Sejak itu, ia langsung didapuk sebagai mesin gol utama klub dan diserahi nomor punggung 9.

Selama 4 musim berkostum The Reds, El Nino sanggup menorehkan 81 gol dan 20 assist dari 142 laga. Meski gagal mempersembahkan gelar, ia tetap terhitung sebagai salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Liverpool.

Setelah kepindahannya ke Chelsea pada penghujung transfer musim dingin 2011, sejumlah pemain mencoba menggantikan perannya. Berikut kabar terkini 5 pemain yang mewarisi nomor punggung 9 miliknya sekaligus tanggung jawab sebagai mesin gol Liverpool.

1. Andy Carrol (2010--2012)

Kabar Terkini 5 Pewaris Nomor Punggung 9 Fernando Torres di LiverpoolAndy Carroll melakukan selebrasi usai mencetak gol untuk West Brom. (instagram.com/andytcarroll)

Andy Carroll merupakan jebolan akademi Newcastle United yang tampil memikat di Premier League musim 2010/11. Oleh karena itu, Liverpool tak ragu memboyongnya pada 31 Januari 2011 untuk menggantikan peran Fernando Torres yang hengkang ke Stamford Bridge.

Sayangnya, Carroll tak sanggup meneruskan tugas El Nino sebagai mesin gol meski telah mewarisi nomor punggungnya. Selama dua musim berkiprah di Anfield, ia hanya mampu mengemas 11 gol dari 58 pertandingan.

Saat ini striker berusia 33 tahun itu berkiprah di divisi Championship bersama West Brom. Mengenakan nomor punggung 15, ia baru menorehkan 1 gol dari 9 pertandingan.

2. Iago Aspas (2013/14)

Kabar Terkini 5 Pewaris Nomor Punggung 9 Fernando Torres di LiverpoolIago Aspas tampil berkostum Celta Vigo. (instagram.com/i.aspas10)

Sepeninggal Carroll, nomor punggung 9 akhirnya diwarisi oleh Iago Aspas yang direkrut dari Celta Vigo pada Juli 2013. Sempat dipercaya pada beberapa laga awal, Brendan Rodgers, manajer Liverpool kala itu, lebih senang memasang Luis Suarez dan Daniel Sturridge untuk mengisi lini depan.

Praktis selama musim 2013/14, striker asal Spanyol itu lebih banyak duduk di bangku cadangan dan hanya mampu menorehkan 1 gol dari 15 laga. Musim berikutnya ia pulang ke LaLiga dan menemukan kembali ketajamannya di sana.

Pada musim 2021/22, pemain berusia 34 tahun itu masih tampil garang di kompetisi teratas sepak bola Spanyol itu. Sejauh ini ia telah menorehkan 13 gol dan 4 assist di kancah LaLiga bersama Celta Vigo. Aspas merupakan pemilik paten nomor punggung 10 di klub tersebut sejak musim 2016/17.

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol Terbaik di Dunia Saat Ini, Iago Aspas Hingga Ramos

3. Rickie Lambert (2014/15)

Kabar Terkini 5 Pewaris Nomor Punggung 9 Fernando Torres di LiverpoolRickie Lambert saat diperkenalkan sebagai pemain baru Liverpool. (twitter.com/LFC)

Rickie Lambert merupakan pemain yang terlambat menemukan sinarnya. Ia baru melakoni debut di Premier League pada musim 2012/13 saat usianya telah menginjak 30 tahun. Meski begitu, bersama Southampton, ia menjelma striker mengerikan.

Tak ayal pada Juli 2014 mimpi Lambert berkostum The Reds jadi kenyataan dan ia juga dipercaya mengenakan kostum bernomor 9. Sayangnya, ketajaman mantan bomber Timnas Inggris itu menguap bersama Liverpool. Selama musim 2014/15, ia hanya mampu menorehkan 3 gol dari 36 laga di semua kompetisi. Pria berusia 40 tahun itu memutuskan gantung sepatu pada 2 Oktober 2017 lalu. Cardiff City merupakan klub terakhir yang dibelanya.

4. Christian Benteke (2015/16)

Kabar Terkini 5 Pewaris Nomor Punggung 9 Fernando Torres di LiverpoolChristian Benteke tampil berkostum Crystal Palace. (instagram.com/christianbenteke)

Christian Benteke menjadi pewaris nomor punggung 9 berikutnya sepeninggal Rickie Lambert yang hengkang ke West Brom. Ia digaet dari Aston Villa pada Juli 2015 dengan tebusan Rp808 miliar.

Namun, ketajamannya selama berkostum The Villans gagal ia teruskan di Liverpool. Selama musim 2015/16, striker asal Belgia itu hanya sanggup mengemas 10 gol dari 42 laga.

Alhasil, musim berikutnya ia dilepas ke Crystal Palace dan masih setia membela klub tersebut hingga saat ini. Namun, pemain berusia 31 tahun itu lebih suka mengenakan kostum bernomor 20, baik di klub maupun tim nasional Belgia.

5. Roberto Firmino (2016--Sekarang)

Kabar Terkini 5 Pewaris Nomor Punggung 9 Fernando Torres di LiverpoolRoberto Firmino melakukan seleberasi usai mencetak gol untuk Liverpool. (instagram.com/roberto_firmino)

Belum menemukan pengguna nomor punggung 9 yang tepat, manajemen Liverpool tak patah arang dan terus melakukan pencarian. Namun, ternyata mereka telah memiliki sosok tersebut sejak musim 2015/16.

Pemain tersebut adalah Roberto Firmino yang diboyong pada pembukaan transfer musim panas 2015 dari Hoffenheim. Namun, striker asal Brasil itu terlebih dahulu mengenakan nomor punggung 11. Sejak musim 2017/18, barulah ia paten mengenakan nomor punggung 9 hingga saat ini.

Ia merupakan tipe striker yang dibutuhkan Jurgen Klopp untuk menyempurnakan strateginya. Terbukti, ia mampu mengemas 96 gol dan 73 assist dari 318 laga serta telah mempersembahkan 5 gelar bergengsi untuk The Reds. Namun, sejumlah cedera membuat performanya terganggu pada musim 2021/22 ini.

 

Setelah ditanggalkan Fernando Torres, nomor punggung 9 sempat menjadi kutukan. Andy Carroll, Iago Aspas, Rickie Lambert, dan Christian Benteke tampil melempem setelah mewarisinya. Beruntung, Roberto Firmino menjadi sosok yang mampu mengembalikan tuah nomor tersebut.

Baca Juga: 6 Pemain yang Direkrut Liverpool Bareng Roberto Firmino, Siapa Saja?

Sugiadi Azhar Photo Verified Writer Sugiadi Azhar

Makasih banyak editorial team IDNTimes udah bikin tulisanku jadi makin keren. From: Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya