5 Alasan Kaka Peraih Ballon d'Or 2008 Gagal di Real Madrid

Ozil dan Mourinho menjadi penghalang?

Ricardo Kaka merupakan pemain kelahiran Gama, Brasil. Masa kejayaannya terjadi kala berseragam AC Milan pada 2003—2009. Pada 2007, Kaka mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik dunia alias Ballon d'Or. Dua tahun kemudian, ia memutuskan untuk bergabung dengan Real Madrid.

Bermain sebagai gelandang serang, Kaka dikenal mempunyai visi luar biasa dan mampu mencetak banyak gol. Sayangnya, setelah bergabung dengan Real Madrid, performanya menurun. Empat tahun membela Real Madrid, Kaka hanya mampu tampil sebanyak 85 kali dengan raihan 23 gol.

Berikut ini lima alasan Ricardo Kaka terbilang gagal ketika bermain untuk Real Madrid.

1. Tekanan publik Real Madrid

5 Alasan Kaka Peraih Ballon d'Or 2008 Gagal di Real Madridpotret Ricardo Kaka (instagram.com/Kaka)

Kedatangan Kaka ke Real Madrid membutuhkan biaya yang sangat besar pada waktu itu. Real Madrid harus menebus nilai transfer sekitar 67 juta Euro. Harga itu sebanding dengan kualitas seorang pemain yang pernah meraih Ballon d'Or.

Publik Real Madrid tentu saja menaruh harapan besar kepada Kaka. Sayangnya, harapan besar itu malah menjadi bumerang. Secara tidak langsung, ia ditekan untuk mampu meraih berbagai gelar bergengsi bagi klub.

2. Sering mengalami cedera

5 Alasan Kaka Peraih Ballon d'Or 2008 Gagal di Real Madridpotret Kaka mengalami cedera (skysports.com)

Cedera merupakan salah satu hal yang paling merugikan bagi pemain maupun tim. Saat di Real Madrid, Kaka sering mengalami cedera. Cedera lutut menjadi cedera paling membebaninya.

Pada 2010, Kaka harus absen membela Real Madrid selama 8 bulan akibat cedera lutut kiri. Jose Mourinho sebagai pelatih memilih pemain lain sebagai gantinya. Akhirnya, peran Kaka tergantikan oleh pemain lainnya setelah sembuh.

Baca Juga: Jalan Berliku Ricardo Kaka, Sosok Religius di Atas Lapangan Hijau

3. Kedatangan Mesut Ozil

5 Alasan Kaka Peraih Ballon d'Or 2008 Gagal di Real Madridpotret Ozil dengan Ronaldo (instagram.com/m10_official)

Kedatangan Mesut Ozil pada 2010 diproyeksikan sebagai pelapis Kaka. Real Madrid kepincut memboyongnya setelah Ozil tampil apik pada Piala Dunia 2010. Alih-alih sebagai pelapis, permainan Ozil semakin berkembang dan perlahan menggeser tempat Kaka di skuad utama.

Kemampuan Ozil menciptakan peluang tak diragukan lagi. Tiga tahun bermain di Madrid, ia mempu menciptakan 81 assist. Ozil juga disukai rekan setimnya kala itu, Cristiano Ronaldo.

4. Jose Mourinho

5 Alasan Kaka Peraih Ballon d'Or 2008 Gagal di Real Madridpotret Jose Mourinho (instagram.com/josemourinho)

Jose Mourinho disebut-sebut sebagai penghalang karier Kaka. Mourinho mengandalkan permainan cepat dari sisi sayap. Padahal Kaka ketika bermain di AC Milan lebih menonjol dengan umpan terobosan dan dibiarkan bebas mengeksploitasi pertahanan lawan.

Iker Casillas adalah pemain lainnya yang dibuat tidak betah oleh Mourinho.Tepatnya pada tahun ketiganya Mourinho di Real Madrid. Mourinho memicu kontroversi ketika memutuskan menepikan Casillas dan memilih Diego Lopez sebagai kiper utama. Casillas akhirnya memutuskan hengkang pada 2015.

5. Pengaruh media

5 Alasan Kaka Peraih Ballon d'Or 2008 Gagal di Real Madridpotret Ricardo Kaka (instagram.com/Kaka)

Pengaruh media juga menjadi salah satu penghalang Kaka untuk berkembang. Sejak Kaka mengalami rentetan cedera, banyak rumor yang menyebutkan ia akan pergi meninggalkan Madrid pada akhir musim.

Rumor tentang kepergiannya terus-menerus tersebar di berbagai media. Hingga ia dikaitkan ke berbagai klub besar lainnya seperti Paris Saint-Germain, Chelsea, dan Manchester United. Hal ini membuatnya bimbang akan masa depannya di Los Blancos.

Itulah lima alasan Kaka gagal bersinar di Real Madrid. Sebelum ini, Kaka sangat bersinar di lapangan hijau. Selain itu, di luar lapangan, Kaka juga terkenal sebagai penganut Kristen taat yang mengikuti organisasi Athletes of Christ.

Baca Juga: 10 Potret Menawan Ricardo Kaka, Makin Keren Setelah Gantung Sepatu

Syahrul Fauzi Photo Verified Writer Syahrul Fauzi

You'll Never Walk Alone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya