5 Pemain Asia yang Musim Ini bermain di Premier League

Ada pemain asal Asia Tenggara, lho!

Premier League adalah ajang tertinggi kompetisi sepak bola Inggris. Persaingan perolehan poin yang begitu ketat pada setiap musim menjadikan Premier Lague salah satu liga terbaik di dunia. Hal itu sekaligus menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemain sepak bola yang merumput di sana.

Banyak pemain dari berbagai benua yang datang, salah satunya Asia. Park Ji Sung, misalnya, menjadi pemain Asia paling sukses di Inggris. Ia berhasil meraih empat gelar Premier League selama kariernya. Hal itu menjadi motivasi pemain Asia lain untuk terus berkembang dan bersaing di Inggris.

Musim ini (2001/2022) tercatat ada lima pemain Asia yang bermain di Premier Lague. Siapa saja?

1. Son Heung Min

5 Pemain Asia yang  Musim Ini bermain di Premier LeagueSon Heung Min (premierleague.com)

Son Heung Min merupakan penyerang andalan Tottenham Hotspur. Ia mengawali karier di Tottenham pada 2015 setelah tampil apik bersama Bayer Leverkusen. Son hanya bermain selama 2 tahun di Leverkusen dengan torehan 29 gol dari 87 pertandingan.

Dilansir  fifa.com, Son Heung Min sempat meraih FIFA Puskas Award. Tidak hanya itu, pada 2019, pemain asal Korea Selatan ini juga mampu mengantarkan Tottenham Hotspur menjadi runner-up Liga Champions setelah kalah di final melawan Liverpool. Ia kini digadang-gadang sebagai penerus Park Ji Sung di Inggris.

2. Hwang Hee Chan

5 Pemain Asia yang  Musim Ini bermain di Premier LeagueHwang Hee Chan (instagram/hwangheechan)

Hwang Hee Chan juga berasal  dari Korea Selatan. Pada jendala transfer musim panas 2021, ia bergabung dengan Wolverhampton Wanderers. Pemain Asia yang masih berusia 25 tahun ini didatangkan dengan status pemain pinjaman dari RB Leipzig. Nilai transfernya sekitar Rp256 miliar.

Hwang Hee Chan pernah kalah produktif dari Evan Dimas di Piala Asia U19 pada 2014. Namun, ia mampu berkembang baik di Eropa. Hwang mencuri perhatian publik saat menghadapi Liverpool di babak penyisihan Liga Champions (2018/2019). Ia mampu mencetak satu assist dan satu gol setelah memperdaya Van Dijk sampai jatuh bangun.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pindah dari EPL ke Liga Asia pada Summer Transfer 2021

3. Takehiro Tomiyasu

5 Pemain Asia yang  Musim Ini bermain di Premier LeagueTakehiro Tomiyasu (instagram/tomiyasu.t)

Arsenal menjadi salah satu klub yang dibela pemain Asia musim ini. Namanya Takehiro Tomiyasu. Ia masih berusia 22 tahun. Dengan nilai transfer sebesar 18 juta euro, The Gunners berhasil mendatangkannya dari klub Serie A Italia, Bologna.

Tomiyasu berhasil menjawab kepercayaan yang diberikan Mikel Arteta. Setelah kedatangannya, Arsenal berhasil merangkak naik ke peringkat 10 setelah berhasil memenangkan tiga pertandingan, serta mencatatkan dua clean sheet saat melawan Norwich dan Burnley dalam lanjutan Premier League musim ini.

4. Takumi Minamino

5 Pemain Asia yang  Musim Ini bermain di Premier LeagueTakumi Minamino (instagram/takumi18minamino_official)

Satu tim dengan Tomiyasu di Timnas Jepang, Takumi Minamino musim ini bergabung dengan salah satu raksasa Inggris, Liverpool. Sempat dipinjamkan ke Southampton, Minamino kembali ke kubu The Reds dengan kemampuan yang semakin berkembang.

Minamino mampu mencetak dua gol melawan Norwich City dalam laga Carabao Cup pekan lalu. Ia menciptakan sejarah baru untuk negaranya dengan menjadi pemain pertama asal Jepang yang membela Liverpool.

5. Thanawat Suengchitthawon

5 Pemain Asia yang  Musim Ini bermain di Premier LeagueThanawat Suengchitthawon (instagram/suengchitthawon)

Thanawat Suengchitthawon bermain untuk Liecester City musim ini. Ia berposisi sebagai gelandang. Awalnya, ia bermain di Premier Lague 2 bersama Leicester City U23. Namun, mendapat tempat di tim senior setelah mampu mengoleksi 3 gol dalam 13 pertandingan.

Pria kelahiran tahun 2000 ini menjadi idola baru di Thailand. Pada umumnya, pemain Asia Tenggara kesulitan mendapat kesempatan berkarier di klub top Eropa. Apalagi mengingat sepak bola negara-negara Asia Tenggara biasanya berada di peringkat bawah.

Nah, itulah lima pemain sepak bola Asia yang musim ini bermain di Premier Lague. Deretan ini masih didominasi pemain Korea Selatan dan Jepang.

Baca Juga: 5 Pemain Asia yang Dibawa Klubnya di Skuad Liga Champions 2021/2022

Syahrul Fauzi Photo Verified Writer Syahrul Fauzi

You'll Never Walk Alone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya