Comscore Tracker

5 Pemain Bintang yang Diterbitkan Ralf Rangnick, Haaland Termasuk

Tanpa Rangnick, mereka hanya pemain biasa

Ralf Rangnick resmi menjadi pelatih Manchester United pada 26 Nevember 2021. Ia juga akan menjabat sebagai konsultan klub selama dua tahun setelah tugasnya sebagai pelatih berakhir akhir musim nanti.

Rangnick sendiri dikenal sebagai penggagas gegenpress yang memiliki ciri agresif dan menyerang. Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel adalah contah dua pelatih yang menerapkan pola permainan ini. Tak hanya ahli taktik, Rangnick juga mampu menerbitkan para pemain bintang.

Erling Haaland adalah salah satu pemain paling hebat yang pernah ia tangani. Selain Haaland, masih banyak lagi pemain lainnya. Berikut ini lima pemain bintang yang pernah diterbitkan Rangnick selama menjadi pelatih maupun direktur sepak bola:

1. Erling Haaland

5 Pemain Bintang yang Diterbitkan Ralf Rangnick, Haaland TermasukErling Haaland (instagram.com/bvb09)

Striker haus gol milik Borussia Dortmund, Erling Haaland, mulai tercium bakatnya oleh Rangnick ketika bermain untuk klub asal Norwegia, FK Molde. Rangnick mendatangkannya ke RB Salzburg pada 2019 saat masih menjadi direktur olahraga tim tersebut.

Tak butuh waktu lama, setahun di Salzburg, Haaland mampu tampil produktif dengan mencetak 29 gol dari 27 penampilan. Awal karier yang menjanjikan hingga akhirnya ia meneruskan perjalanannya ke Bundesliga, Jerman. Pada 2021/2022, ia telah mencetak 14 gol dan 4 assist dari 11 penampilan bersama Borussia Dortmund.

2. Sadio Mane

5 Pemain Bintang yang Diterbitkan Ralf Rangnick, Haaland TermasukSadio Mane (instagram.com/sadiomaneofficiel)

Pada 2012, Ralf Rangnick masih menjadi direktur olahraga RB Salzburg. Saat itu, Roger Schmid merekrutnya dari FC Metz atas saran darinya. Tak secemerlang saat ini, tetapi setelah dua musim di Salzburg, ia terus berkembang di liga top Eropa. Tak dapat dipungkiri Rangnick adalah orang paling berjasa atas karier Mane.

Pria asal Senegal ini sekarang menjadi pemain yang paling ditakuti pertahanan lawan. Pada Oktober 2021, ia telah mencetak gol ke 100 di Premier League. Ia kini menjadi bagian sejarah kesuksesan Liverpool.

Baca Juga: 5 Fakta Ralf Rangnick, Manajer Interim Baru Manchester United

3. Roberto Firmino

5 Pemain Bintang yang Diterbitkan Ralf Rangnick, Haaland TermasukRoberto Firmino (instagram.com/Roberto_firmino)

Roberto Firmino satu tim dengan Sadio Mane. Pada 2011, Ralf Rangnick merekrutnya sebelum masa jabatannya sebagai manajer Hoffenheim berakhir. Menariknya, Hoffenheim saat itu hanya membayar Rp69 miliar untuk merekrutnya dari klub Serie B Brasil, Figueirense.

Manuver transfer tersebut menguntungkan pemain dan Hoffenheim. Pada 2015, Liverpool harus membayar biaya transfer sekitar Rp712 miliar untuk mencapai kesepakatan dengan Hoffenheim. Seiring berjalannya waktu, pria asal Brasil itu kini menjadi salah satu false nine terbaik di dunia.

4. Joshua Kimmich

5 Pemain Bintang yang Diterbitkan Ralf Rangnick, Haaland TermasukJoshua Kimich (instagram.com/jok_32)

Joshua Kimmich, pemain andalan timnas Jerman, kini bermain untuk Bayern Munchen. Sebagai pemain serbabisa, ia mampu bermain sebagai gelandang dan bek kanan. Banyak yang mengatakan bahwa gaya bermainnya seperti Philipp Lahm.

Ketika masih berusia muda, Kimmich adalah pemain biasa saja. Kemampuannya mulai terlihat ketika bermain untuk RB Leipzig. Rangnick adalah orang yang berjasa atas kariernya yang cemerlang. Waktu itu, Rangnick—yang menjabat sebagai direktur olahraga RB Leipzig—menyarankan kepada pelatih Achim Beierlorzer untuk merekrut Kimmich.

5. Manuel Neuer

5 Pemain Bintang yang Diterbitkan Ralf Rangnick, Haaland TermasukManuel Neuer (instagram.com/manuelneuer)

Manuel Neuer merupakan kiper yang pernah masuk dalam nominasi Ballon d'Or. Refleks cepat dan akurasi umpan jauh yang bagus adalah keahlian yang ia miliki. Sudah 10 tahun ia menjadi pilihan utama Bayern Munchen di benteng terakhir pertahanan.

Kisah kesuksesan Neuer diawali ketika ia dipercaya sebagai kiper utama FC Schalke pada 2005. Rangnick kala itu berperan sebagai pelatih klub. Ia membuat Neuer terus berkembang sampai Bayern Munchen resmi merekrutnya pada 2011.

Tanpa campur tangan seorang Ralf Rangnick, para pemain ini kemungkinan akan menjadi pemain biasa-biasa saja. Kabarnya, Rangnick menjadi jembatan MU menggaet Erling Haaland dari Dortmund. Kejutan besar apalagi yang akan ia berikan untuk Manchester United?

Baca Juga: Ralf Rangnick Datang, Posisi Carrick Cs di MU Aman

Syahrul Fauzi Photo Verified Writer Syahrul Fauzi

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya