5 Pemain yang Posisinya Terancam dengan Kedatangan Xavi Hernandez

Dembele dan Luuk de Jong segera hengkang?

Barcelona bergerak cepat setelah memecat Ronald Koeman sebagai pelatih Barcelona. Xavi Hernandez resmi didapuk sebagai pelatih Barcelona dengan durasi kontrak hingga Juni 2024. Meski direksi Al-Sadd sempat enggan melepasnya karena masih terikat kontrak hingga Juni 2023, tetapi Xavi tetap pergi juga.

Kedatangan Xavi diharapkan dapat mengembalikan performa Barcelona yang berangsur menurun. Hingga kini, Barcelona masih bercokol di posisi sembilan klasemen sementara La Liga. Terbaru, Barcelona ditahan imbang Celta Vigo meski pada awal babak sudah unggul jauh dengan skor 3-0.

Di sisi lain, kedatangan Xavi membuat posisi beberapa pemain terancam. Untuk merombak tatanan skuad Barcelona, kemungkinan lima pemain ini akan didepak.

1. Luuk de Jong

5 Pemain yang Posisinya Terancam dengan Kedatangan Xavi HernandezLuuk de Jong melakukan selebrasi. ( Instagram.com/luukdejong9)

Striker belanda Luuk de Jong adalah rekrutan Ronald Koeman pada musim panas 2021. Ia didatangkan dari Sevilla dengan berstatus sebagai pemain pinjaman. Ia dianggap pemain spesial bagi Koeman karena mampu mencetak gol dengan memanfaatkan umpan silang.

Luuk de Jong telah menciptakan 9 penampilan dengan raihan 1 gol. Kehadirannya cukup mengejutkan publik Barcelona pada waktu itu. Sebab, Koeman mengabaikan pemain muda yang ada di La Masia dan lebih memilih Luuk De Jong yang notabene berusia 31 tahun.

2. Ousmane Dembele

5 Pemain yang Posisinya Terancam dengan Kedatangan Xavi HernandezOusmane Dembele (Instagram.com/o.dembele7)

Pemain sayap asal Prancis ini bisa menjadi kandidat pemain yang akan dilepas Barcelona. Xavi Hernandez sebelum resmi bergabung dengan Barcelona memberikan sinyal untuk mendatangkan pemain sayap andalan Inggris, Raheem Sterling. Hal itu bisa saja terwujud karena Sterling disinyalir sudah tidak nyaman bermain untuk Manchester City.

Dembele sendiri diboyong Barcelona dari Borussia Dortmund pada musim panas 2016. Bersama Barcelona, ia mampu bermain dalam 119 laga. Sempat menjanjikan pada awal kedatangannya, ia malah kehilangan tempat utama setelah banyak mengalami cedera. Sejauh ini, Dembele telah mengalami cedera sebanyak 15 kali.

Baca Juga: Daftar Pekerjaan Rumah Xavi Hernandez di Barcelona

3. Martin Braitwhaite

5 Pemain yang Posisinya Terancam dengan Kedatangan Xavi HernandezMartin Braitwhaite (instagram.com/Braitwhaiteofficial)

Martin Braithwaite adalah pemain lain yang mungkin terpengaruh oleh kedatangan Xavi di Barcelona. Striker asal Denmark ini banyak mendapatkan kecaman dari penggemar Barcelona karena sering melakukan tindakan yang begitu arogan. Paling diingat, ia meminta nomor punggung 10 peninggalan Lionel Messi di Barcelona.

Kemampuannya yang standar dianggap tidak cocok untuk menjadi pemain Barcelona yang ideal. Ia didatangkan karena keadaan darurat setelah cedera Ousmane Dembele pada Februari 2020. Kemungkinan terbesar, pria yang telah berusia 30 tahun ini akan didepak pada jendela transfer Januari mendatang.

4. Sergio Roberto

5 Pemain yang Posisinya Terancam dengan Kedatangan Xavi HernandezSergi Roberto (instagram.com/sergiroberto)

Sergi Roberto bermain dengan Barcelona pada usia muda. Ia masuk ke La Masia sejak 2006. Hingga kini, ia sudah menciptakan 125 penampilan di skuad utama Barcelona. Pada akhir musim nanti, kontraknya akan berakhir. Sang pemain sedang melakukan negosiasi untuk perpanjangan kontrak bersama Blaugrana.

Meski begitu, Xavi kemungkin besar tidak keberatan melepas Roberto. Terlebih, Barcelona memiliki banyak pemain berkualitas di posisi bek sayap. Prestasi terbesar Sergi Roberto di Barcelona ialah mampu memenangi Liga Champions 2010/2011. Ia kini sudah menginjak usia 29 tahun.

5. Clement Lenglet

5 Pemain yang Posisinya Terancam dengan Kedatangan Xavi HernandezClement Lenglet (instagram.com/clement_lenglet)

Clement Lenglet merupakan pemain bertahan yang didatangkan Barcelona dari Sevilla pada 2018. Diharapkan menjadi teman duet Gerard Pique, Lenglet malah gagal menjadi pilihan utama di jantung pertahanan Barcelona. Musim ini, ia baru tampil lima kali di semua ajang.

Pemain asal Prancis itu disinyalir memiliki masalah dengan cedera. Xavi tidak memiliki alasan untuk mempertahan Lenglet di skuadnya. Di Barcelona, sejauh ini Lenglet telah menciptakan 90 penampilan di semua kompetisi dengan mencetak empat gol.

Dari kelima pemain ini, Dembele dan Luuk de Jong menjadi kandidat terkuat pemain yang akan dilepas Xavi Hernandez. Mampukah seorang legenda klub Barcelona, Xavi Hernandez, mengangkat kembali performa terbaik Barcelona?

Baca Juga: Xavi Hernandez Layangkan 3 Permintaan ke Barcelona

Syahrul Fauzi Photo Verified Writer Syahrul Fauzi

You'll Never Walk Alone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya