5 Penyebab Kegagalan Ronald Koeman sebagai Pelatih Barcelona

Dampak kepergian Lionel Messi ?

Barcelona sedang tidak baik-baik saja. Ronald Koeman resmi dipecat setelah Barcelona mengalami kekalahan dalam laga lanjutan La Liga. Melawan Rayo Vallecano, Barcelona harus kalah tipis dengan skor 0-1. Dengan hasil itu, Barcelona berada di peringkat ke 9 dengan poin 16 hasil dari 11 kali bermain.

Kesabaran Joan Laporta sudah habis dengan rentetan tiga hasil negatif di La Liga. Sebelumnya, Barcelona kalah 0-2 dari Atletico Madrid pada pekan ke-8 dan takluk 1-2 dalam laga bertajuk El Clasico melawan Real Madrid. Banyak faktor yang menyebabkan Koeman tak mampu menjawab kepercayaan Barcelona.

1. Mengambinghitamkan pemain

5 Penyebab Kegagalan Ronald Koeman sebagai Pelatih BarcelonaRonald Koeman (instagram.com/ronaldkoeman)

Sering mendapatkan hasil buruk membuat keadaan Koeman semakin tertekan. Kurang berpikir secara luas, ia malah menunjukkan sisi negatif pada diri seorang Koeman. Ia tak segan mengkritik para pemain dalam sesi wawancara.

Sangat disayangkan, mengingat musim ini banyak pemain muda yang mengisi skuad utama Blaugrana, seperti Nico Gonzalez dan Ansu Fati yang masih berusia 18 tahun. Kurangnya jam terbang memungkinkan para pemain potensial ini semakin kurang percaya diri.

2. Mengubah ciri khas bermain

5 Penyebab Kegagalan Ronald Koeman sebagai Pelatih Barcelonapotret Ronald Koeman (instagram.com/ronaldkoeman)

Gaya bermain tiki-taka yang sudah melekat pada diri Barcelona berangsur hilang. Ronald Koeman lebih mementingkan umpang silang ke kotak penalti dengan senjata andalannya adalah striker yang memiliki postur tubuh tinggi.

Hal ini terlihat ketika pertandingan melawan Granada. Secara mengejutkan, Gerard Pique dipasang sebagai striker dadakan meski posisi terbaiknya adalah bek tengah. Tak hanya itu, Koeman jarang memakai formasi 4-3-3 dan lebih sering menggunakan formasi 3-5-2 atau 4-2-3-1.

Baca Juga: 5 Pemain yang Diuntungkan setelah Ronald Koeman Dipecat dari Barcelona

3. Konflik dengan Joan Laporta

5 Penyebab Kegagalan Ronald Koeman sebagai Pelatih BarcelonaRonald Koeman (skysports.com)

Konflik Joan Laporta dengan Koeman terjadi setelah Barcelona mengalami hasil negatif Liga Champions musim ini. Dalam konferensi pers, Koeman menyatakan, hasil buruk Barcelona bukan karena kesalahannya semata, melainkan penghematan biaya Barcelona pada bursa transfer.

Setelah hal itu, mereka saling menyindir lewat awak media, terutama ketika Koeman menolak konferensi pers. Meski memanas, Laporta masih memberikannya kesempatan. Tak ada hasil memuaskan, akhirnya Koeman resmi didepak pada Kamis (28/10/2021).

4. Keputusan buruk yang diambil

5 Penyebab Kegagalan Ronald Koeman sebagai Pelatih BarcelonaRonald Koeman (skysports.com)

Koeman sering kali mengambil keputusan yang buruk. Keputusan merekrut striker Luuk de Jong salah satunya. Koeman tidak mencoba menerbitkan pemain muda dari akademi La Masia. Ia malah memilih pemain yang sudah menginjak kepala tiga.

Koeman juga sering mengganti posisi pemain yang berujung kegagalan. Tak hanya Pique, Frenkie de Jong juga pernah ditempatkan sebagai bek tengah. Padahal, sebelumnya, ia adalah gelandang kreatif yang berperan penting membantu serangan.

5. Kepergian Lionel Messi

5 Penyebab Kegagalan Ronald Koeman sebagai Pelatih BarcelonaLionel Messi (skysports.com)

Kepergian Lionel Messi juga menjadi salah satu faktor kegagalan Koeman. Kepergian Messi membuat keuangan Barcelona terganggu. Koeman harus berlaku bijak mencari pemain baru, di mana ia hanya bisa mencari pemain murah.

Koeman dinilai belum bisa hijrah dari hal ini. Ia merasa tidak ada pemain yang bisa menggantikan peran Messi. Koeman menyatakan bahwa keberadaan Messi di lapangan membuat para pemain lainnya tampil lebih baik.

Kini Barcelona masih mencari sosok pengganti yang tepat untuk mengisi kekosongan kursi pelatih. Xavi Hernandez, mantan gelandang terbaik Barcelona, menjadi kandidat terkuat. Barcelona memiliki tradisi merekrut seorang pelatih yang pernah bermain sebagai pemain Barcelona.

Baca Juga: 5 Pemain Prancis yang Dibeli Mahal oleh Barcelona, Banyak yang Gagal!

Syahrul Fauzi Photo Verified Writer Syahrul Fauzi

You'll Never Walk Alone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya