Comscore Tracker

5 Pelatih Terbaik yang Sukses Menyerap Ilmu Gegenpress ala Rangnick

Selain Jurgen Klopp, ada siapa lagi?

Ralf Rangnick termasuk pelatih yang paling dihormati di Jerman. Bak seorang profesor, ia adalah penemu dari taktik gegenpress yang banyak digunakan oleh para pelatih terkenal. Jurgen Klopp merupakan salah satu pelatih yang tersukses menerapkan konsep ini.

Beberapa tahun terakhir, taktik ini sukses menjelma sebagai kekuatan baru di Eropa. Rangnick mengatakan, hal yang terpenting dalam gegenpress adalah kecepatan dan kekuatan pertarungan pemain. Banyak pelatih yang mengibaratkan sebagai seni taktik menekan.

Di liga top Eropa, termasuk Jurgen Klopp yang menerapkan konsep ini, ada empat di antaranya juga berhasil menerapkan taktik gegenpress. Berikut lima pelatih tersebut!

1. Jurgen Klopp

5 Pelatih Terbaik yang Sukses Menyerap Ilmu Gegenpress ala Rangnickpotret Jurgen Klopp (Instagram.com/JurgenKlopp10)

Pelatih Liverpool asal Jerman, Jurgen Klopp menjadi yang pelatih tersukses dalam daftar ini dengan gelar Liga Champions dan juara Liga Inggris bersama Liverpool. Sebelumnya, ia juga sukses di Bundesliga dengan mengantarkan Borussia Dortmund juara liga dua kali beruntun.

Taktik gegenpress Klopp pertama kali ia pelajari pada tahun 2008. Tepatnya, saat Borussia Dortmund bertemu dengan tim asuhan Ralf Rangnick, Hoffenheim.

Dortmund menelan kekalahan telak 1-4, meski sebelumnya menjadi tim unggulan yang belum terkalahkan. Semenjak itulah, Klopp mempelajarinya dan ia terapkan hingga sekarang.

2. Thomas Tuchel

5 Pelatih Terbaik yang Sukses Menyerap Ilmu Gegenpress ala Rangnickpotret Thomas Tuchel (instagram.com/chelseafc)

Di daftar selanjutnya ada pelatih Chelsea, Thomas Tuchel. Tuchel belajar langsung dari Ralf Rangnick pada tahun 2000. Saat itu, Thomas Tuchel direkrut oleh Rangnick untuk menangani tim junior Stuttgart. 

Berada langsung di bawah binaan Rangnick, pelatih asal Jerman ini berkembang pesat dan sukses memainkan taktik gegenpress. Terbukti, ia berhasil mempersembahkan gelar Liga Champions untuk Chelsea di musim debutnya di Inggris.

Sebelumnya, ia juga mampu mencatatkan sejarah untuk PSG dengan berhasil lolos sampai final di Liga Champions untuk pertama kalinya.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Diterbitkan Ralf Rangnick, Haaland Termasuk

3. Julian Nagelsmann

5 Pelatih Terbaik yang Sukses Menyerap Ilmu Gegenpress ala Rangnickpotret Julian Nagelsmann (instagram.com/Julian.Nagelsmann)

Julian Nagelsmann merupakan pelatih asal Jerman yang kini menangani Bayern Munchen. Ia mengawali karier sebagai pelatih tim junior Hoffenheim tahun 2010. Pada saat itu, Ralf Rangnick sebagai pelatih senior Hoffenheim.

Pria berusia 34 tahun ini pun mengaku banyak mendapatkan pengetahuan tentang taktik gegenpress ala Rangnick. Menariknya, Julian Nagelsmann adalah pelatih termuda dalam sejarah Bundesliga pada usia 28 tahun. Tepatnya, pada Februari 2016 ia ditunjuk sebagai pelatih utama Hoffenheim menggantikan Huub Stevens yang mengundurkan diri karena alasan tertentu. 

4. Matthias Jaissle

5 Pelatih Terbaik yang Sukses Menyerap Ilmu Gegenpress ala Rangnickpotret Matthias Jaissle (instagram.com/fcredbullsalzburg)

Masih berusia 33 tahun, pelatih RB Salzburg, Matthias Jaissle digadang-gadang akan menjadi pelatih hebat Jerman di masa yang akan datang. Cedera Tendon Achilles memaksanya pensiun dini sebagai pemain di usia 25 tahun.

Tak mau menyerah di dunia sepak bola, ia akhirnya menekuni dunia kepelatihan. Ia dulunya merupakan salah satu pemain muda yang mengawali karier bersama tim junior Stuttgart tahun 2001, tepat di bawah asuhan Thomas Tuchel dan Ralf Rangnick.

Selain itu, pada tahun 2007 hingga 2009 Jaissle menjadi andalan Rangnick di Hoffenheim yang mampu promosi ke Bundesliga dari tim kasta ketiga. Tak ayal, jika taktik gegenpress telah melekat pada dirinya.

5. Ralph Hasenhuttl

5 Pelatih Terbaik yang Sukses Menyerap Ilmu Gegenpress ala Rangnickpotret Ralph Hasenhuttl (instagram.com/Southamptonfc)

Pelatih asal Austria, Ralph Hasenhuttl. Ia juga menerapkan strategi gegenpress ala Ralf Rangnick. Musim ini ia melatih tim Liga Inggris, Southampton.

Hanya bermaterikan pemain biasa saja, ia sukees bersaing di liga terbaik ini. Awal mengenal gegenpress ialah ketika Hasenhuttl dipercaya Ralf Rangnick untuk melatih RB Leipzig pada tahun 2016.

Saat itu, Rangnick menjabat sebagai direktur olahraga klub. Di musim pertamanya, Hasenhuttl dengan gaya bermain gegenpress berhasil finis di urutan kedua Bundesliga dan tampil untuk pertama kalinya di Liga Champions.

 

Dapat disimpulkan bahwa mayoritas pelatih yang berhasil mengembangkan taktik gegenpress berasal dari negara Jerman. Hal ini juga mengukuhkan bahwa Rangnick adalah orang yang sangat berjasa atas perkembangan sepak bola Jerman.

Baca Juga: 4 Perubahan yang Dibawa Ralf Rangnick ke Manchester United

Syahrul Fauzi Photo Verified Writer Syahrul Fauzi

You'll Never Walk Alone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya