Comscore Tracker

5 Pemain Paling Senior yang Tampil di Premier League 2021/2022

Usia hanya angka bagi mereka

Umur kerap menjadi faktor penurunan performa bagi seorang pemain sepak bola. Namun, para pemain ini masih tampil konsisten bersama tim yang dibelanya. Tak tanggung-tanggung, Premier League—yang notabene liga terbaik di dunia—menjadi panggung pembuktian.

Tak kalah dengan para generasi muda, beberapa di antara pemain veteran ini tetap menjadi pilihan utama pada 2021/2022. Kelima pemain ini jika di rata-rata berusia sekitar 37 tahun.

1. Willy Caballero

5 Pemain Paling Senior yang Tampil di Premier League 2021/2022potret Willy Caballero (instagram.com/willycaba)

Willy Caballero adalah seorang penjaga gawang asal Argentina. Mengawali karier profesional pada usia 20 tahun bersama Boca Juniors, ia kini terdaftar sebagai pemain Southampton hingga akhir musim nanti.

Caballero menjadi pemain paling senior di Premier League musim ini dengan usia yang sudah menginjak 40 tahun. Elche menjadi klub terlama yang ia bela, yaitu selama 6 tahun. Setelah itu, Caballero memutuskan melanjutkan karier di Inggris bersama Manchester City pada  2014.

2. Ben Foster

5 Pemain Paling Senior yang Tampil di Premier League 2021/2022potret Ben Foster (instagram.com/benfosters)

Penjaga gawang berkewarganegaraan Inggris, Ben Foster, tahun ini berusia 38 tahun. Ia bermain untuk Watford di bawah asuhan Claudio Ranieri. Prestasi terbaiknya adalah memenangi gelar juara Premier League dua kali bersama Manchester United pada 2008 dan 2009.

Ben Foster merupakan salah satu penjaga gawang dengan total penyelamatan penalti terbanyak dalam sejarah Premier League. Ia telah mementahkan tembakan penalti lawan sebanyak 8 kali. Tak ayal, ia masih diperhitungkan tim-tim Inggris meski termakan usia.

Baca Juga: 5 Pemain Premier League yang Gagal Tampil di Piala Dunia 2022

3. Thiago Silva

5 Pemain Paling Senior yang Tampil di Premier League 2021/2022potret Thiago Silva bermain (instagram.com/thiagosilva)

Thiago Silva tahun ini berusia 37 tahun. Bek tengah asal Brasil ini kini bermain untuk raksasa asal London, Chelsea. Sebelumnya, ia bermain untuk Paris Saint-Germain selama 8 tahun. Ia dilepas cuma-cuma ke Chelsea pada Agustus 2020.

Awal kedatangannya di Stamford Bridge, Silva menyepakati kontrak selama 2 musim. Namun, pada 4 Januari 2022, Chelsea resmi memperpanjang kontraknya hingga Juni 2023. Sejak awal kedatangannya, Silva adalah sosok penting di lini belakang The Blues. Ia telah berkontribusi besar dengan menjuarai Liga Champions dan Piala Super Eropa.

4. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Paling Senior yang Tampil di Premier League 2021/2022potret Ronaldo selebrasi (instagram.com/cristiano)

Cristiano Ronaldo merupakan megabintang dalam satu dekade ini. Ia termasuk pemain paling senior yang kini berusia 36 tahun. Ronaldo kembali ke Manchester United setelah 12 tahun berprestasi di luar Inggris bersama Real Madrid dan Juventus.

Meski telah melewati masa keemasannya, ia tidak terlihat mengalami penurunan performa. Musim ini, Ronaldo menjadi pemain pencetak gol terbanyak The Reds Devils di semua kompetisi dengan total 14 gol. Bahkan, Ronaldo mengatakan bahwa ia akan terus berkiprah di dunia sepak bola hingga umur 42 tahun.

5. Fernandinho

5 Pemain Paling Senior yang Tampil di Premier League 2021/2022potret Fernandinho (Instagram.com/fernandinho)

Fernandinho merupakan pemain senior Manchester City asal Brasil yang kini berusia 36 tahun. Sejak mengawali karier profesionalnya pada 2005, ia hanya bermain untuk tiga klub berbeda, yaitu Atlético Paranaense, Shakhtar Donetsk, dan Manchester City.

Menjadi pemain terbaik Liga Ukraina 2007/2008 adalah prestasi individu terbaiknya. Selanjutnya, pada 2013, Manchester City merekrutnya dengan nilai transfer sekitar Rp700 miliar. Musim ini adalah musim terakhir ia bermain di Inggris jika The Citizen tidak memperpanjang kontrak sang gelandang tengah.

Para pemain di atas masih belum bisa memecahkan rekor pemain tertua di Premier League milik Neville Southall (41 tahun). Willy Caballero berpotensi memecahkan rekor ini. Menarik untuk kita tunggu pemain mana yang berhasil memecahkan rekor Southall.

Baca Juga: 5 Pemain Senior yang Jadi Andalan Klub Premier League

Syahrul Fauzi Photo Verified Writer Syahrul Fauzi

You'll Never Walk Alone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya