Hore! Piala Dunia U-20 2021 Tetap Digelar di Indonesia Sesuai Jadwal!

Pemerintah Indonesia terus berkomunikasi dengan FIFA

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Presiden Joko "Jokowi" Widodo Bidang Sosial, Angkie Yudistia, mengatakan perhelatan Piala U-20 pada 2021 akan tetap digelar. Karena adanya pandemik COVID-19, Piala Dunia U-20 2021 akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan di Indonesia 2021 mendatang akan tetap terlaksana. Rencana perhelatan internasional berlangsung pada tanggal 20 Mei-21 Juni 2021," ujar Angkie dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/9/2020).

1. Pemerintah akan terus berkomunikasi dengan FIFA terkait kepastian Piala Dunia tahun depan

Hore! Piala Dunia U-20 2021 Tetap Digelar di Indonesia Sesuai Jadwal!Jokowi memberi arahan dalam rapat terbatas pada Senin (14/9/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Angkie menyebut, kepastian itu merujuk pada keputusan Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) yang menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah. Indonesia tidak memiliki otoritas dalam mengubah agenda karena kewenangan ada di FIFA.

"Namun, pemerintah terus berkomunikasi dengan FIFA untuk memantau setiap perkembangan dan kemungkinan, terutama di situasi pandemik COVID-19 kali ini," katanya.

2. Pemerintah akan menyiapkan ajang Piala Dunia 2021 secara optimal

Hore! Piala Dunia U-20 2021 Tetap Digelar di Indonesia Sesuai Jadwal!Stadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Maka, lanjut Angkie, jika tidak ada perubahan jadwal, pemerintah terus mempersiapkan ajang piala dunia secara optimal dengan mengacu pada langkah Presiden yang telah mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 tahun 2020 sebagai petunjuk susunan kepanitiaan yang terdiri dari panitia pengarah dan panitia pelaksana

"Keppres ini didukung dengan terbitnya Inpres No.8 tahun 2020, dimana regulasi ini mengatur pembagian tugas penyelenggaraan, mulai dari kementerian, TNI, Polri, Badan Pemeriksa Keuangan, Jaksa Agung, hingga ke Pemerintah Daerah, baik Gubernur hingga Wali Kota," jelas Angkie.

3. Pemerintah pastikan protokol kesehatan yang ketat akan diterapkan di Piala Dunia 2021

Hore! Piala Dunia U-20 2021 Tetap Digelar di Indonesia Sesuai Jadwal!Stadion Manahan Solo. IDN Times/Larasati Rey

Angkie melanjutkan, dua aturan yang diteken Jokowi pada Selasa (15/9) itu mendorong jajaran kepanitiaan yang ditunjuk langsung bergerak, terutama mempersiapkan tempat latihan para kontingan dan venue pertandingan.

Apabila pelaksanaan Piala Dunia 2021 tetap digelar sesuai agenda, Angkie mengatakan pemerintah akan memastikan acara berskala internasional itu akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

"Untuk menjamin kenyamanan bagi seluruh kontingan maupun pihak yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung selama perrhelatan berlangsung," tutur Angkie.

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya