7 Profesi Luar Lapangan Sepak Bola Ini Juga Punya Peran Penting Lho

Jarang kelihatan di layar televisi, tapi mereka banyak berjasa

Umumnya ketika seseorang menonton suatu pertandingan sepak bola baik di lapangan atau melalui layar kaca televisi, ia pasti akan fokus pada jalannya pertandingan. Tentu saja, satu hal yang mereka tunggu adalah gol. Momen ini juga seringkali mengundang kontroversi, misalnya jika bola masuk ke gawang tapi tidak diakui oleh wasit sebagai sebuah gol.

Nah, dalam pertandingan sepak bola biasanya kita hanya melihat orang-orang yang berperan di dalam lapangan. Namun pernahkah kalian para fans pertandingan sepak bola memperhatikan beberapa profesi di luar lapangan? Jangan dilupakan lho karena tanpa mereka sebuah pertandingan gak akan bisa kita saksikan.

Profesi apa aja, sih yang ada di luar lapangan?

1. Boy Ball atau anak gawang

7 Profesi Luar Lapangan Sepak Bola Ini Juga Punya Peran Penting LhoYoutube.com

Walaupun sering terlihat duduk di sisi luar lapangan dan mondar-mandir untuk mengambil bola yang keluar dari lapangan hijau, profesi sebagai seorang boy ball ini cukup penting dalam suatu pertandingan sepak bola profesional. Tugas seorang boy ball hanya sebatas mengambil bola yang keluar lapangan dan segera memberikan kepada pemain sebuah tim jika seorang pemain akan melakukan throw in atau lemparan ke dalam.

Efektifitas dan kesigapan seorang anak gawang otomatis akan semakin meminimkan waktu yang terbuang percuma karena para pemain di dalam lapangan menunggu adanya bola yang bisa segera mereka gunakan untuk melanjutkan pertandingan. Karena terkadang jumlah bola yang disediakan memang terbatas di sisi-sisi lapangan.

2. Camera Man

7 Profesi Luar Lapangan Sepak Bola Ini Juga Punya Peran Penting LhoYoutube.com

Kalian harusnya sangat berterimakasih pada seorang yang berprofesi satu ini ketika kalian hanya bisa menonton pertandingan sepak bola lewat siaran televisi berkat mereka. Para camera man yang biasanya disediakan spot atau ruangan tersendiri untuk merekam jalannya pertandinganlah para fans sepak bola yang tidak sempat atau tidak bisa menonton langsung tim kesayangannya berlaga karena masalah jarak atau finansial.

Animo keseruan pertandingan tetap bisa dirasakan apalagi jika ditonton bebarengan dengan banyak orang. Ya, kalian pasti tidak asing dengan acara nobar bukan? 

Jenis kamera yang mereka gunakan untuk merekam jalannya pertandingan pun juga tipe kamera khusus dengan resolusi yang bisa dibilang istimewa. Bahkan terkadang para penonton pertandingan bola di televisi bisa menikmati slow motion pergerakan pemain atau bola dengan sangat detail dan kualitas warna yang tajam. 

3. Operator controll room

7 Profesi Luar Lapangan Sepak Bola Ini Juga Punya Peran Penting Lhobusiness-reporter.co.uk

Para camera man tidak bekerja sendiri saat meliput suatu pertandingan sepak bola secara live agar bisa dinikmati banyak fans sepak bola di dunia lewat layar kaca televisi. Di ruangan tertentu di sisi tribun, ada yang namanya screen editor. Tugasnya adalah memilah-milah dan mengatur rekaman pertandingan sepak bola dalam bentuk video agar terlihat semenarik mungkin bagi para penonton sepak bola lewat televisi.

Bagi mereka yang ketinggalan atau tidak sempat melihat bagaimana sebuah gol bisa tercipta, offside, dan bagaimana suatu pelanggaran bisa terjadi maka para editor ini lah yang berjasa dalam menayangkan fitur replay atau tayangan ulang.

Kadang mereka juga memanfaatkan fitur zoom in dan zoom out agar penonton televisi bisa melihat lebih detil bermacam momen yang terjadi dalam suatu pertandingan sepak bola. Dan yang terpenting adalah tugas mereka untuk ikut megawasi suasana di dalam lapangan via kamera cctv atau yang sekarang lebih dikenal dengan teknologi hawk eye yang terpasang di beberapa sisi-sisi atas tribun untuk memantau situasi.

4. Safety steward

7 Profesi Luar Lapangan Sepak Bola Ini Juga Punya Peran Penting Lhohttp://achilleus.co.uk

Dalam suatu pertandingan sepak bola, adu gengsi antar supporter kedua tim terkadang menimbulkan tensi panas yang memicu kericuhan. Selain itu, kesempatan untuk melakukan tindak kriminal seperti pencopetan barang-barang berharga milik seorang suporter yang sedang asik menikmati pertandingan sepak bola juga sangat mungkin terjadi.

Maka dari itu, stewardess yang biasa berdiri menghadap penonton inilah yang berjasa untuk meminimkan hal-hal yang mengganggu kenyamanan penonton lain.

Mereka biasanya lebih mirip seperti seorang security di dalam lapangan, namun juga selalu didampingi pihak kepolisian dalam mengawal jalannya pertandingan. Tak menutup kemungkinan, bahwa mereka dulunya juga pensiunan dari kepolisian. 

Dan pertandingan liga primer Inggris adalah yang paling sering terlihat bagaimana seorang stewardess sedang berjaga dengan sangat tertib. Walaupun liga-liga lain di beberapa negara di dunia juga memanfaatkan jasa mereka untuk alasan keamanan dan ketertiban penonton, terlebih bagi para suporter-suporter klub yang terkenal provokatif dan anarkis.

5. Petugas perawatan rumput lapangan

7 Profesi Luar Lapangan Sepak Bola Ini Juga Punya Peran Penting Lhomulpix.com

Dalam sepak bola lokal maupun luar negeri, sebuah klub pasti memiliki beberapa petugas yang bertugas untuk merawat rumput lapangan di dalam stadion agar tetap rapi dan memberi kesan nyaman bagi para pemain yang sedang berlaga dalam suatu pertandingan.

Memang saat ini klub-klub sepak bola di luar negeri, khususnya negara-negara maju sudah menerapkan jenis rumput sintetis yang digunakan untuk rumput lapangan di stadion kebanggan sebuah klub. Selain perawatannya tergolong lebih mudah karena tidak perlu melakukan penyiraman setiap harinya, lembaran-lembaran rumput sintetis yang terlihat seperti rumput asli ini pun juga lebih praktis untuk diganti jika memang ada beberapa kerusakan di beberapa tempat.

Berkat jasa mereka, para pemain akan lebih nyaman dalam beraksi di atas lapangan, dan juga terlihat menarik di mata penonton televisi. Karena terkadang terlihat pola-pola tertentu yang mereka gunakan untuk memberi kesan artistik rumput lapangan.

Walau tidak sedikit juga yang masih menggunakan alat lawn mower atau alat khusus pemotong rumput dan menggunakan penyiraman otomatis rumput lapangan dalam perawatannya.

6. Fotografer

7 Profesi Luar Lapangan Sepak Bola Ini Juga Punya Peran Penting Lhodellabella.ch

Selain camera man, di belakang gawang pasti sering terlihat berjejer para fotografer yang siap memotret momen - momen terbaik di sepanjang pertandingan. Mereka ini umumnya adalah fotografer yang bekerja untuk suatu media redaksi, selain liputan soal bagaimana jalannya pertandingan pasti foto-foto para pemain saat sedang bertanding juga dibutuhkan. Atau bisa juga mereka adalah fotografer-fotografer profesional yang memiliki izin namun tidak terikat dengan suatu media.

Tidak tanggung-tanggung, ukuran kamera mereka pun terkesan sangat lebar demi hasil foto yang istimewa dan tajam secara resolusi. Berkat jasa mereka juga, kamu tidak lagi kesusahan menemukan foto-foto pemain sepak bola idolamu dengan jersey terbarunya ketika googling bukan?

7. Reporter sepak bola

7 Profesi Luar Lapangan Sepak Bola Ini Juga Punya Peran Penting LhoYoutube.com

Reporter atau wartawan sebuah media ini kadang juga terlihat di sesi - sesi awal sebelum pertandingan dimulai atau seusai pertandingan. Biasanya mereka akan melakukan sesi tanya jawab dengan para pelatih atau pemain baik bila mereka diijinkan langsung masuk ke dalam ruang ganti atau melakukan sesi tanya jawab langsung di lapangan.

Pertanyaan mereka biasanya tidak jauh-jauh dari bagaimana strategi yang akan diterapkan sang pelatih, bagaimana kondisi dan kesiapan pemain, atau bagaimana perasaan dan opini mereka setelah sebuah tim memenangi pertandingan atau baru saja menjuarai seuebuah kompetisi. Dengan begitu para penonton televisi setidaknya bisa semakin terhibur dan mengetahui apa yang menjadi pemikiran pemain maupun sang pelatih.

Threedots Photo Verified Writer Threedots

Another world inside of me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya