3 Fakta Menarik Jelang Duel Timnas Indonesia Vs Thailand 

Indonesia akan menjamu Thailand di SUGBK sore nanti

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia bakal menjamu Thailand dalam lanjutan Grup A Piala AFF 2022, Kamis (29/12/2022), di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Mengintip jejak pertemuan kedua tim, duel sore nanti diprediksi bakal berjalan sengit.

Sebelum menyaksikan duel yang melibatkan Marc Klok dan Theeraton Bunmathan, ada baiknya mengintip fakta menarik jelang duel Indonesia versus Thailand.

Melansir situs resmi AFF dan sumber lainnya, berikut IDN Times sajikan untuk kamu!

1. Kentalnya aroma balas dendam

3 Fakta Menarik Jelang Duel Timnas Indonesia Vs Thailand Duel Timnas Indonesia versus Thailand di final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021) / Dokumentasi PSSI

Duel ini sebenarnya menjadi laga monumental bagi Pasukan Garuda. Maklum, aroma balas dendam dari Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan begitu kental setelah keok dari War Elephant di final Piala AFF 2020.

Pun, Indonesia masih selalu dibuat frustrasi di lima pertemuan terakhirnya dengan Thailand. Rinciannya adalah dua kali imbang dan sisanya berakhir dengan kekalahan.

Baca Juga: Bedah Kekuatan Thailand di Piala AFF 2022: Segitiga Ciamik

2. Pertemuan yang ke-81 sejak Agustus 1957

3 Fakta Menarik Jelang Duel Timnas Indonesia Vs Thailand Striker Timnas Indonesia, Dedik Setyawan, saat berlaga di duel kontra Thailand dalam final Piala AFF 2020 / Dokumentasi PSSI

Laga ini juga menjadi pertemuan ke-18 bagi kedua tim. Pertemuan mereka pertama kali terukir pada 31 Agustus 1957 silam. Kala itu, Pasukan Garuda menang telak dengan skor 4-0.

Namun, seiring berjalannya waktu, Indonesia terseok-seok juga bersua Thailand. Tim dari Negeri Gajah Putih begitu mendominasi dari 80 pertemuan sebelumnya, 40 kali menang , 15 imbang, dan sisanya Indonesia yang menang.

3. Teeralis Dangda yang paling sering bobol gawang Indonesia

3 Fakta Menarik Jelang Duel Timnas Indonesia Vs Thailand Teerasil Dangda (twitter.com/theafcdotcom)

Tim asuhan Shin Tae Yong sepertinya wajib mewaspadai striker Thailand, Teerasil Dangda. Dalam skuad Thailand di Piala AFF 2022, Teerasil menjadi pemain yang paling sering menjebol gawang Indonesia.

Sejauh ini, bomber 34 tahun itu sudah menceploskan lima gol ke gawang Timnas Indonesia. Teerasil menjadi ancaman nyata buat Timnas Indonesia pada laga nanti, meski usianya tak lagi muda.

Baca Juga: 4 Negara dengan Gelar Juara AFF Terbanyak, Thailand Sampai Malaysia

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya