3 Fakta Menarik Usai Argentina Juara Piala Dunia 2022 

Argentina kalahkan Prancis via adu penalti

Jakarta, IDN Times - Argentina akhirnya bisa bernapas lega usai mimpinya untuk juara Piala Dunia 2022 terwujud. Keberhasilan itu diraih Albiceleste usai memenangkan duel dramatis atas Prancis lewat adu penalti, 4-2 (3-3).

Gol-gol Argentina diceploskan Lionel Messi (23', 108') dan Angel Di Maria (36'). Sedangkan, tiga gol yang diceploskan Prancis berasal dari hattrick Kylian Mbappe (80', 81', 118').

Laga yang berakhir dramatis ini ternyata menghadirkan sejumlah fakta unik. Melansir Opta dan situs resmi FIFA, berikut IDN Times sajikan untuk kamu.

Baca Juga: Argentina Borong Penghargaan di Piala Dunia 2022

1. Kylian Mbappe pencetak gol terbanyak di final Piala Dunia

3 Fakta Menarik Usai Argentina Juara Piala Dunia 2022 Striker Prancis, Kylian Mbappe, usai cetak gol ke gawang Argentina di final Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Hattrick yang dibukukan Mbappe membuatnya sejajar dengan legenda Inggris, Geoff Hurst. Striker mahal milik Paris Saint-Germain tersebut menjadi pemain kedua yang bisa mencetak tiga gol di Final Piala Dunia.

Mbappe juga memenangkan perburuan top scorer atas Messi usai mencetak trigol di final. Dia meraih Golden Boot dengan koleksi delapan gol.

Selain itu, Mbappe juga menjadi pencetak gol terbanyak ketika berlaga di final Piala Dunia. Dia sudah mencetak empat gol, setelah sebelumnya menceploskan satu ke gawang Kroasia pada edisi 2018.

Baca Juga: Tangis Haru Lionel Messi Pecah Usai Argentina Juara Piala Dunia 2022

2. Messi yang ajaib

3 Fakta Menarik Usai Argentina Juara Piala Dunia 2022 Kapten Argentina, Lionel Messi, saat juarai Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Messi juga mengukir catatan unik. Dalam laga ini, dia menggenapkan kemasan gol ke-100 yang diceploskan dengan kaki kanannya.

Megabintang 35 tahun itu juga dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Dunia 2022. Tak heran, dia memang layak mendapat Golden Ball usai sering kali menjadi inspirator kemenangan Albiceleste.

Golden Ball yang diraih Messi adalah kali kedua. La Pulga merupakan pemain pertama yang meraih Golden Ball Piala Dunia dalam dua edisi berbeda, 2014 dan 2022.

Baca Juga: Lionel Messi, Titisan Maradona Kini Sah Jadi GOAT

3. Lionel Scaloni ukir rekor pribadi

3 Fakta Menarik Usai Argentina Juara Piala Dunia 2022 Lionel Scaloni (fifa.com)

Pelatih Argentina, Lionel Scaloni, juga tak mau kalah soal rekor pribadi. Dia menjadi pelatih ketiga yang mampu memenangkan Piala Dunia dan Copa America setelah Mario Zagallo dan Carlos Alberto Pareirra.

Copa America itu dimenangkan Scaloni pada Juli 2021 lalu. Kala itu, Albiceleste mengalahkan Brasil dengan skor 1-0 lewat gol Angel Di Maria di Maracana Stadium.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya