3 Fakta Menarik Usai Portugal Bantai Swiss di Piala Dunia 2022

Portugal cukur Swiss dengan skor 6-1

Jakarta, IDN Times - Portugal tanpa kesulitan mengalahkan Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Rabu dini hari WIB (7/12/2022). Berduel di Lusail Stadium, Selecao das Quinas menang telak dengan skor 6-1.

Gol-gol kemenangan ini dicetak Goncalo Ramos (17', 51', 67'), Pepe (33'), Raphael Guerreiro (55'), dan Rafael Leao (90+2'). Sedangkan, satu gol balasan Swiss dibukukan Manuel Akanji pada menit 58.

Kemenangan telak Portugal atas Swiss menghadirkan sejumlah fakta unik. Melansir Opta dan situs resmi FIFA, berikut IDN Times ulas fakta-fakta menarik dalam laga ini.

1. Kasihan Ronaldo, Ramos ternyata lebih tajam

Kemenangan Portugal memang tak lepas dari aksi gemilang Goncalo Ramos. Perdana menjadi starter di Piala Dunia 2022, pemain 21 tahun itu langsung membuat Cristiano Ronaldo terdiam di bangku cadangan.

Dia hanya butuh 17 menit untuk mencetak gol buat Portugal di fase gugur Piala Dunia. Sedangkan, Ronaldo masih tanpa gol meski telah mentas selama 514 menit di fase gugur dalam beberapa edisi terakhir.

Wonderkid milik Benfica itu juga sejajar dengan pencapaian Miroslav Klose di Piala Dunia 2022 lalu. Dia sejajar dengan Klose, sebagai pemain yang mencetak hattrick dalam edisi pertamanya di Piala Dunia.

Baca Juga: Hattrick Goncalo Ramos Bantu Portugal Bantai Swiss

2. Pepe, veteran paling tajam di fase gugur Piala Dunia

3 Fakta Menarik Usai Portugal Bantai Swiss di Piala Dunia 2022potret Pepe berseragam timnas Portugal (instagram.com/official_pepe)

Tak mau kalah dengan juniornya, Pepe juga mengukir rekor pribadi dalam laga ini. Dia menjadi pemain tertua yang mampu mencetak gol di fase gugur Piala Dunia.

Pepe menginjak usia 39 tahun lebih 283 hari saat mencetak gol ke gawang Swiss. Dia mencetak gol pada menit 33, usai menyambar umpan matang Bruno Fernandes. Dengan begitu, Pepe melewati torehan Roger Milla.

3. Pertama kali Ronaldo jadi cadangan di Portugal

3 Fakta Menarik Usai Portugal Bantai Swiss di Piala Dunia 2022Bintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, coba melewati kiper Ghana, Lawrence Ati, dalam laga Grup H Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022). (Twitter/@FIFAWorldCup)

Laga melawan Swiss juga menjadi sejarah baru bagi Ronaldo. Tapi, bukan sejarah yang manis, karena ini pertama kalinya dia menjadi cadangan sejak 2008 silam.

Dan yang paling menarik, kala itu Ronaldo juga dicadangkan saat Selecao das Quinas bersua Swiss.

Baca Juga: Goncalo Ramos, Wonderkid yang Bikin Ronaldo Terdiam di Bangku Cadangan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya