Comscore Tracker

3 Fakta Menarik Usai Portugal Menang Tipis Atas Ghana 

Ronaldo pecahkan rekor baru di Piala Dunia

Jakarta, IDN Times - Kemenangan dramatis di dapat Portugal dalam laga perdananya di Grup H Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022) malam WIB. Berlaga di Stadium 974, Portugal susah payah bekuk Ghana dengan skor 3-2.

Gol kemenangan Portugal dicetak Cristiano Ronaldo (65'), Joao Felix (78'), dan Rafael Leao (80'). Sedangkan, Ghana sempat memperkecil kedudukan via gol Andre Ayew (73'), serta Osman Bukari (89').

Hasil positif yang diraih Portugal menghadirkan sederet fakta unik. Dilansir Opta dan situs resmi FIFA, berikut IDN Times sajikan sejumlah fakta tersebut.

1. Cristiano Ronaldo tambah rekor baru

3 Fakta Menarik Usai Portugal Menang Tipis Atas Ghana Bintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, coba melewati kiper Ghana, Lawrence Ati, dalam laga Grup H Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022). (Twitter/@FIFAWorldCup)

Kemenangan Portugal menjadi sejarah bagi Ronaldo. Halaman dalam buku rekornya terus bertambah. Mencetak gol dalam laga ini, pemilik lima Ballon d'Or itu menjadi pemain pertama yang mencetak gol di lima edisi Piala Dunia.

Pemain yang baru dipecat Manchester United itu sudah membukukan gol di lima edisi Piala Dunia secara beruntun, yakni 2006, 2010, 2014, 2018 dan 2022. Rekor barunya ini membuktikan bahwa dia masih ganas meski sudah berusia 37 tahun.

Baca Juga: Ronaldo Pecahkan Rekor, Cetak Gol di 5 Edisi Piala Dunia

2. Salah satu pertandingan paling menarik di Piala Dunia

3 Fakta Menarik Usai Portugal Menang Tipis Atas Ghana Joao Felix. (Twitter/@FIFAWorldCup).

Duel Portugal melawan Ghana juga memiliki catatan unik. Ini menjadi pertandingan keempat yang menghadirkan lima gol usai bermain imbang dengan skor 0-0 di babak pertama Piala Dunia.

Sebelumnya, ada duel Polandia versus Peru (1982), Belanda kontra Brasil (1994), dan Belgia melawan Jepang (2018).

3. Diwarnai blunder fatal kiper Portugal

Catatan unik lainnya adalah blunder fatal yang dilakukan kiper Portugal, Diogo Costa. Itu yang membuat kemenangan Portugal begitu dramatis.

Kiper Porto itu awalnya berusaha mengulur-ngulur waktu dengan menjatuhkan bola yang sebelumnya sudah ditangkap. Dia mencoba menahan bola selama mungkin sebelum menendang atau mengopernya kepada teman.

Namun, dia tak melihat ada salah satu pemain Ghana di belakangnya. Saat bola dijatuhkan Diogo Costa, Inaki Williams dari belakang mampu mencurinya. Beruntung, Ruben Dias sigap untuk merebut bola untuk dibuang, sehingga kesalahan tersebut bisa teratasi.

Baca Juga: Detik-detik Blunder Fatal Kiper Portugal, Buat Ronaldo Panik!

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya