4 Fakta Menarik Usai Prancis Bantai Belanda

Prancis tanpa ampun sikat Belanda

Jakarta, IDN Times - Prancis tampil garang saat menghadapi Belanda dalam laga perdananya di Kualifikasi Piala Eropa 2024. Berduel di Stade de France, Sabtu (25/3/2023) dini hari WIB, Les Bleus menang telak dengan skor 4-0.

Gol kemenangan Prancis diceploskan Antoine Griezmann (2'), Dayot Upamecano (8') dan brace Kylian Mbappe (21', 88'). Sementara, Belanda gagal menceploskan satu gol pun, meski mendapat hadiah penalti pada akhir laga. Memphis Depay secara mengejutkan gagal menunaikan tugasnya.

Kemenangan telak yang dicatat Prancis ini menghadirkan sejumlah fakta unik. Melansir Opta dan situs resmi UEFA, berikut IDN Times sajikan buat kamu.

1. Prancis tak pernah segarang ini

4 Fakta Menarik Usai Prancis Bantai BelandaPrancis hajar Belanda 4-0 di Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2024, Sabtu (25/3/2023). (uefa.com)

Bisa dibilang, ini penampilan tergarang Prancis dalam beberapa dekade terakhir. Maklum, mereka berhasil mencetak tiga gol saat duel baru berusia 21 menit.

Hal serupa pernah dibuat Prancis pada Desember 1953 silam. Kala itu, Prancis hanya membutuhkan 20 menit 47 detik untuk mengungguli Luksemburg dengan skor 3-0.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Eropa: Brace Mbappe Bawa Prancis Sikat Belanda

2. Prancis satu dari dua tim yang bisa permalukan Belanda

4 Fakta Menarik Usai Prancis Bantai BelandaPotret dalam duel Prancis vs Belanda, di Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2024, Sabtu (25/3/2023). (uefa.com).

Prancis juga menjadi salah satu tim yang mampu mengungguli Belanda dua gol hanya dalam kurun waktu delapan menit. Sejauh ini, baru dua tim yang mampu mempermalukan Belanda seperti itu.

Sebelumnya, Belgia pernah lebih dulu untuk mengungguli Belanda 2-0 saat duel baru berusia delapan menit. Momen itu terjadi pada November 1951 lalu.

3. Antoine Griezmann buat rekor

4 Fakta Menarik Usai Prancis Bantai BelandaAntoine Griezmann mencetak gol untuk Prancis saat bersua Belanda di Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2024, Sabtu (25/3/2023). (Twitter/@@EURO2024).

Griezmann yang berhasil membuka keran gol Prancis di laga tadi pun berhasil membuat rekor. Bintang Atletico Madrid itu berhasil menjadi pencetak gol tercepat Prancis, dengan waktu satu menit 55 detik sejak Oktober 2006.

Namun, Griezmann belum bisa melampaui pendahulunya, Louis Saha. Eks pemain Manchester United itu pernah mencetak gol untuk Prancis hanya dengan 37 detik.

Baca Juga: Kylian Mbappe Cetak Rekor saat Debut Jadi Kapten Prancis

4. Mbappe masuk lima besar top scorer sepanjang masa Prancis

4 Fakta Menarik Usai Prancis Bantai BelandaStriker Prancis, Kylian Mbappe, usai cetak gol ke gawang Argentina di final Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Laga melawan Belanda juga jadi momen pembuktian buat Kylian Mbappe. Dia berhasil mencetak rekor baru dalam debutnya sebagai kapten Prancis.

Kini, Mbappe masuk di posisi lima besar klasemen top scorer sepanjang masa Les Bleus. Torehan golnya mencapai 39, melewati seniornya, Karim Benzema.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya