Asnawi Pilih Tak Puasa Hari Ini Demi Bela Timnas Lawan Burundi

Butuh tenaga lebih untuk kalahkan Burundi

Jakarta, IDN Times - Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, memilih tak berpuasa untuk menghadapi Burundi di Stadion Patriot, Sabtu (25/3/2023). Meski kick-off pukul 20.30, hal tersebut diperlukan untuk mendapat hasil maksimal kontra Burundi.

Asnawi membutuhkan tenaga lebih, untuk menghadapi permainan ngotot dari Les Hirondelles. Maklum, Burundi diisi pemain berkualitas dan kecepatan khas pemain Afrika.

"Jika masih latihan malam, kami tetap menjalankan ibadah puasa. Tapi, di pertandingan, kami mungkin tidak akan berpuasa," kata Asnawi dalam jumpa pers, Jumat (25/3/2023).

1. Biar maksimal di atas lapangan

Asnawi Pilih Tak Puasa Hari Ini Demi Bela Timnas Lawan BurundiJumpa pers jelang laga Timnas Indonesia vs Timnas Burundi, di The Sultan, Jakarta, Jumat (24/3/2023). (IDN Times/Tino)

Asnawi ingin menjaga kebugarannya tetap prima sebelum pertandingan. Karena itu, dia memilih tak berpuasa.

Meladeni Burundi dengan intensitas tinggi, diakui Asnawim akan menguras banyak energi. Hilang fokus sedikit saja, gawang Pasukan Garuda bisa dibobol Saido Berahino dan kolega.

"Kami tidak berpuasa untuk menjaga tubuh biar bisa bertanding dengan maksimal. Tentunya tubuh juga butuh energi yang banyak di pertandingan nanti," ujar mantan pemain PSM Makassar tersebut.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia Vs Burundi, Jangan Kelewat

2. Kondisi Pasukan Garuda siap tempur

Asnawi Pilih Tak Puasa Hari Ini Demi Bela Timnas Lawan BurundiLatihan Timnas Indonesia di Stadion PTIK. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Asnawi juga memastikan kondisi rekan-rekannya sudah siap tempur. Pemain Jeonnam Dragons tersebut berjanji akan memberikan yang terbaik di atas lapangan demi bantu Indonesia menang.

"Tentunya, teman-teman yang lain kondisinya juga bagus. Semua pemain juga sudah berkumpul dan akan menerapkan skema yang pelatih berikan. Kami akan menyajikan laga yang menarik," ujar Asnawi.

Baca Juga: Jordi Amat dan Elkan Baggott Tak Sabar Jalani Duet di Timnas Indonesia

3. Burundi ujian bagi Asnawi

Asnawi Pilih Tak Puasa Hari Ini Demi Bela Timnas Lawan BurundiPotret Timnas Burundi berlatih di lapangan latihan Jakarta Internasional Stadium, Rabu (22/3/2023). (IDN Times/Tino).

Laga melawan Burundi seakan menjadi ujian bagi Asnawi lantaran jarang menghadapi tim atau pemain asal Afrika. Kecepatan dan kekuatan fisik mereka tentu akan merepotkan Asnawi. Tapi, dia mengaku sudah mendapat arahan untuk bisa mengunci para pemain Burundi.

"Saya, secara pribadi, tak sering jumpa dengan pemain Afrika.Tim analis sudah berikan pemahaman untuk taktik besok. Kami akan terapkan rencana pelatih," ujar Asnawi.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya