Bezzechi Juara, Marquez Jatuh Jelang Finis di MotoGP Prancis

Marco Bezecchi tampil luar biasa

Jakarta, IDN Times - Pembalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi, sukses naik podium pertama di MotoGP Prancis, Minggu (14/5/2023). Dia jadi yang tercepat, meski mengawali balapan dari grid tujuh.

Sementara, nasib sial dialami Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda itu nyaris meraih podium dalam comebacknya, namun sirna saat balapan menyisakan dua lap lagi.

Memulai balapan dari pole position, start Francesco Bagnaia justru kurang mulus. Posisinya langsung direbut Marquez yang melaju dari P2. Namun, Marquez tak bisa nyaman memimpin lantaran mendapat gangguan dari Jack Miller.

Miller yang terlihat unggul di trek lurus langsung menggeser tempat Marquez. Tak berselang lama, dua insiden terjadi yang menyebabkan empat pembalap tumbang.

Bagnaia ceroboh saat mencoba menyalip Maverick Vinales pada putaran keempat. Alhasil, senggolan pun tak dapat dihindari hingga keduanya terlempar ke gravel.

Setelah itu, giliran Luca Marini dan Alex Marquez yang mengalami crash pada lap lima. Alex menubruk Marini yang telat mengangkat motor setelah menikung.

Perebutan posisi podium semakin sengit saat balapan menyisakan 15 lap. Marco Bezzecchi mampu membuat kejutan. Secara perlahan, dia merangsek ke posisi terdepan.

Bezzecchi punya kecepatan yang bagus. Dia kerap mencatat waktu terbaik dalam beberapa lap. Momentum itu yang membuatnya mampu mengejar Jack Miller di posisi depan.

Pembalap asal Italia itu tak terbendung di trek lurus maupun tikungan. Tersisa enam lap, Bezzechi unggul 3,1 detik dari Marquez yang berada di posisi kedua.

Posisi Bezzecchi sulit dikejar. Duel sengit pun beralih untuk memperebutkan podium kedua, antara Marquez dan Jorge Martin. Adegan salip menyalip pun disajikan kedua pembalap.

Podium di depan mata, Marquez justru mendapat kesialan. Pembalap asal Spanyol itu terjatuh saat balapan menyisakan dua lap lagi. Johann Zarco pun mengambil tempatnya di podium.

Baca Juga: Fenomena Honda yang Marquez Sentris di MotoGP 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya