Bintang Ajax Amsterdam Pukul Fan yang Rasis, Langsung Kena Sanksi

Gegara Brian Brobbey disebut 'cancer blackie'

Jakarta, IDN Times - Gelandang Ajax Amsterdam, Steven Berghuis, kedapatan memukul fan lawan usai timnya kalah 1-3 dari FC Twente, Minggu (28/5/2023).

Aksi main hakim sendiri itu dinilai sebagai tindakan tidak benar. Bukan pujian yang didapat, melainkan hukuman dari Ajax atas tindakannya tersebut.

Bogem mentah itu dilayangkan Berghuis ketika hendak menaiki bus tim. Pemukulan yang dilakukannya pun viral di media sosial.

1. Kesal dengan perkataan rasis

Melansir De Telegraaf, reaksi Berghuis itu dipicu komentar rasis dari salah satu penggemar FC Twente. Pemain berusia 31 tahun itu langsung naik pitam, karena rekannya, Brian Brobbey disebut "cancer blackie."

Setelah melancarkan bogem mentah, Berghuis terlihat menunjuk-nunjuk fan tersebut. Ada pula beberapa perkataan yang dilontarkannya, tetapi tak terdengar jelas apa yang dia sampaikan.

Baca Juga: Atletico Madrid Kutuk Perilaku Rasis Penggemarnya ke Vinicius Junior

2. Ajax langsung berikan sanksi

Bintang Ajax Amsterdam Pukul Fan yang Rasis, Langsung Kena Sanksipotret Johan Cruyff Arena (instagram.com/johancruijffarena)

Setelah insiden itu, Berghuis langsung berbicara dengan petinggi de Godenzonen, Heitinga, Edwin van der Sar, dan Sven Mislintat. Namun, Ajax tetap memberikan sanksi, lantaran reaksi Berghuis dianggap gegabah.

"Steven bereaksi dengan cara yang salah dan Ajax tidak setuju. Dia telah didenda," bunyi pernyataan Ajax, melansir De Telegraaf.

3. Berghuis minta maaf

Bintang Ajax Amsterdam Pukul Fan yang Rasis, Langsung Kena SanksiSteven Berghuis saat membela Ajax Amsterdam. (instagram.com/stevenberghuis)

Berghuis pun menyesal dan meminta maaf atas sikapnya. Dia pun menyadari aksinya itu bisa ditiru penggemar yang masih di bawah umur.

"Saya menyesali tindakan saya. Seharusnya saya tidak melakukan ini. Tindakan saya tidak menyelesaikan apapun, itu tidak bagus. Saya seharusnya memperlihatkan sikap yang patut dicontoh sebagai pemain Ajax," ujar Berghuis.

Baca Juga: 10 Potret Steven Berghuis, Pemain Hebat Spesialis Eredivisie

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya