Comscore Tracker

Cerita Robi Darwis Tiru Peran Pratama Arhan di Timnas U-20

Robi Darwis jadi pemain bunglon usai ditangani Shin Tae Yong

Jakarta, IDN Times - Gelandang Timnas Indonesia U-20, Robi Darwis, memperlihatkan kelebihannya sebagai pemain serba bisa di bawah kendali Shin Tae Yong. Dia sering kali memainkan peran lain ketika membawa Garuda Muda lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Shin tak melulu memainkan Robi sebagai gelandang. Dalam beberapa kesempatan, pemain Persib Bandung itu ditugaskan sebagai bek sayap, dan bek tengah.

Aksinya pun cukup gemilang ketika menyisir di sektor pertahanan. Dia bisa bermain dengan apik meski tak berada di pos favoritnya.

1. Bisa lakukan lemparan jauh bak Pratama Arhan

Yang paling berkesan adalah ketika Robi meniru peran Pratama Arhan. Apalagi kalau bukan melakukan lemparan ke dalam dengan jauh, bak tendangan sudut.

Hal tersebut dilakukannya ketika membantu Garuda Muda membekuk Timor Leste 4-0 di laga perdana, 14 September 2022. Dalam duel itu, dia memberikan dua assist untuk gol ketiga dan keempat.

Umpan silang dari Robi berujung gol ketiga Hokky Caraka menit 49. Kemudian, lemparan ke dalam jarak jauh yang dilakukannya mampu dikonversi menjadi gol oleh Rabbani Tasnim via sundulan menit 89.

2. Robi Darwis akui kelelahan

Cerita Robi Darwis Tiru Peran Pratama Arhan di Timnas U-20Penggawa Timnas U-20, Robi Darwis dan Aditya Arya Nugraha. (dok. PSSI).

Robi semakin dikenal karena kemampuan lamparan ke dalamnya yang mirip Arhan. Namun, tak mudah bagi pemain berusia 19 tahun itu bisa memiliki keahlian sespesifik itu.

Robi mengakui kelelahan menjadi eksekutor lemparan ke dalam. Sebab, selain itu, dia harus fokus menjaga pertahanan, dan ikut maju membantu serangan.

"Tentunya capek ya, karena saya pemain bertahan, tapi harus bantu menyerang, dan melakukan throw in jarak jauh. Karena untuk throw in tidak mudah. Saya harus siap kembali mundur setelah throw in. Transisi ke bertahan harus cepat," kata Robi dalam konferensi pers usai bekuk Vietnam 3-2, Minggu (18/9/2022).

3. Robi tidak akan pernah mengeluh

Cerita Robi Darwis Tiru Peran Pratama Arhan di Timnas U-20Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI Jawa Timur).

Peran yang diberikan Shin Tae Yong memang melelahkan bagi Robi. Namun, dia berjanji tidak akan mengeluh. Dia siap memberikan segala kemampuannya untuk membela Pasukan Garuda.

Rasa lelah itu juga terbayarkan dengan manis. Robi sukses membawa Timnas U-20 melangkah ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan, usai mengalahkan seluruh pesaing di Grup F, seperti Timor Leste (4-0), Hong Kong (5-1), dan Vietnam (3-2).

"Melelahkan iya, tetapi saya sudah terbiasa dengan itu. Apalagi sekarang saya berjuang untuk Indonesia, jadi harus memberikan 1000 persen. Saya berterima kasih kepada coach sudah memberikan saya kepercayaan untuk bermain di turnamen ini," ujar Robi.

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya