Cody Gakpo Banjir Pujian Usai Bantu Belanda Sikat Senegal

Gakpo dinobatkan menjadi man of the match

Jakarta, IDN Times - Belanda sukses mengalahkan Senegal 2-0 dalam laga perdananya di Piala Dunia 2022, Senin (21/11/2022) malam WIB. Dalam kemenangan itu, pelatih Louis van Gaal, mengaku puas dengan kinerja anak-anak asuhnya.

Van Gaal, secara khusus, memuji penampilan salah satu anak asuhnya, Cody Gakpo. Van Gaal merasa Gakpo sudah menjawab tantangan yang diberikan olehnya.

Baca Juga: 2 Gol Telat Bantu Belanda Sikat Senegal

1. Gakpo sukses membalas kepercayaan Van Gaal

Cody Gakpo Banjir Pujian Usai Bantu Belanda Sikat SenegalSelebrasi Cody Gakpo dan Frenkie de Jong saat mebobol gawang Senegal, Senin (21/11/2022). (Twitter/@FIFAWorldCup).

Ya, Gakpo menjadi salah satu aktor di balik kemenangan Belanda. Saat para striker De Oranje mandek, gelandang serang 23 tahun itu muncul sebagai pendobrak.

Kebuntuan Belanda pecah berkat aksinya. Bergerak ke area kosong, dia menyambar umpan Frenkie de Jong dengan kepalanya. Aksi itu sudah dinanti-nanti Van Gaal sejak babak pertama.

"Saya sengaja membiarkan Cody Gakpo (sebelum akhirnya diganti menit 90+4). Dia mengalahkan bek (Senegal) dengan kecepatan dan keterampilannya sejak babak pertama. Dia memiliki kemampuan mencetak gol, hingga akhirnya mengubah kedudukan menjadi 1-0," kata Van Gaal selepas laga, melansir situs OnsOranje.

2. Masuknya Depay mengubah permainan Belanda

Cody Gakpo Banjir Pujian Usai Bantu Belanda Sikat SenegalMemphis Depay melakukan selebrasi usai mencetak gol. (planetfootball.com)

Selain Gakpo, Van Gaal juga memuji peran Memphis Depay. Sebagai pemain pengganti yang masuk pada menit 62, Depay telah mengubah alur dan skema main Belanda.

Van Gaal mengakui sudah memperhitungkan hal tersebut. Depay pun berperan besar dalam gol penentu kemenangan Belanda yang dicetak Davy Klaassen pada masa injury time. Sebab, semua bermula dari keberaniannya melepaskan sepakan ke gawang Senegal kawalan Edouard Mendy.

Bola hasil sepakan Depay diblok dengan kurang sempurna oleh Mendy. Hingga akhirnya, bola muntah tercipta dan disambar oleh Klaassen.

"Depay adalah pemain yang bisa membawa perubahan. Saya senang bisa memainkannya 30 menit sebelum pertandingan berakhir," ujar Van Gaal.

3. Van Gaal janji Belanda bisa tampil lebih baik

Cody Gakpo Banjir Pujian Usai Bantu Belanda Sikat SenegalSelebrasi pemain Belanda saat membobol gawang Senegal, Senin (21/11/2022). (Twitter/@FIFAWorldCup).

Van Gaal tak mengelak Belanda tampil kurang ganas saat melawan Senegal. Namun, dia menjamin, Belanda bisa tampil lebih garang di laga-laga berikutnya.

"Saya tidak pernah berpikir kami akan kalah. Ini adalah hasil yang bagus. Mulai dari sekarang, kami akan menjadi lebih baik," kata Van Gaal.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Belanda Hajar Senegal di Piala Dunia 2022 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya