Dongkrak Kualitas Pelatih Indonesia, KONI Pusat Gandeng Tim Bundesliga

Gencarkan pembinaan atlet sejak usia dini

Jakarta, IDN Times - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menggandeng salah satu tim Bundesliga, Borussia Moenchengladbach, untuk mendongkrak kualitas pelatih di Indonesia. Manajemen Moenchengladbach digandeng demi memberikan ilmu kepada sejumlah pelatih dalam sesi coaching clinic.

Sekitar 40 pelatih di Jabodetabek mengikuti pembelajaran dari staf Borussia Academy Indonesia. Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Plt Asprov DKI Jakarta, Yoyok Sukawi hingga Dirut PT LIB, Ferry Paulus pada Kamis (8/12/2022).

1. Bentuk dukungan ke PSSI

Dongkrak Kualitas Pelatih Indonesia, KONI Pusat Gandeng Tim BundesligaKetum KONI Pusat, Marciano Norman. (dok. KONI Pusat).

Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan KONI Pusat selaku induk organisasi olahraga kepada salah satu anggotanya, PSSI. Sebab, pelatih memegang peranan penting dalam memajukan sepak bola nasional. Mereka mendukung penuh dalam pembinaan atlet sejak usia dini.

"Kami menyadari, sepak bola Indonesia itu akan maju apabila ada standarisasi pelatih. Oleh karena itu, saya bersyukur, KONI Pusat dapat bekerja sama dengan Borussia Academy Indonesia," kata Ketua Umum KONI, Letjen TNI Purn Marciano Norman. dalam rilis yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Posisi Hansi Flick di Kursi Pelatih Timnas Jerman Aman

2. Tenaga ahli didatangkan langsung dari Jerman

Dongkrak Kualitas Pelatih Indonesia, KONI Pusat Gandeng Tim BundesligaKONI Pusat bersama PSSI dan Borussia Academy Indonesia. (dok. KONI Pusat).

Moenchengladbach memang serius untuk membuka akademi di Indonesia. Co-Founder Borussia Academy Indonesia, Saras Dech, menyatakan para staf pelatih didatangkan langsung dari Jerman.

"Kami ada membawa staf kepelatihan akademi Monchengladbach. Mereka langsung dari Jerman. Kami berharap bisa memberikan kontribusi besar untuk kemajuan sepak bola Indonesia," ucap Saras.

3. Pembinaan sejak dini jadi kunci atlet berprestasi

Dongkrak Kualitas Pelatih Indonesia, KONI Pusat Gandeng Tim Bundesligailustrasi Sepak Bola (IDN Times/Mardya Shakti)

Pelatih Borussia Academy Indonesia, Wolfgang Heilmann, merasa senang KONI Pusat sadar akan hal ini. Dia berjanji akan semaksimal mungkin dalam membagikan pengalaman serta ilmunya untuk mendongkrak kualitas pelatih di Indonesia.

"Saya merasa terhormat bisa hadir di sini. Kami membawa kualitas mengenai apa yang dilakukan dan apa yang kami bagikan untuk pengembangan usia muda kepada Indonesia. Faktor pentingnya adalah anak-anak senang dalam latihan sepak bola dan kami dapat memberikan pendidikan yang berkualitas, itu kuncinya," kata Heilmann.

Baca Juga: Komentar Kocak Bundesliga Usai Jerman Dibekuk Jepang

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya