Exco PSSI Ultimatum Shin Tae Yong, Diminta Lebih Baik Lagi

Tugas Shin membawa Timnas Indonesia berprestasi pada 2023

Jakarta, IDN Times - Komite Eksekutif (Exco) PSSI telah mengeluarkan hasil evaluasinya terkait kinerja pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. Arsitek asal Korea Selatan itu dituntut bekerja lebih baik lagi.

PSSI mengharapkan hasil yang lebih dari kepemimpinan Shin di tahun ini. Maklum, tim Merah Putih akan berlaga di berbagai event penting, seperti Piala Asia U-20, Piala Dunia U-20 dan Piala Asia 2023.

"PSSI meminta pelatih Shin Tae Yong untuk bekerja lebih baik di kompetisi yang akan datang, mengingat timnas akan menghadapi kompetisi-kompetisi penting di sepanjang tahun (2023)," kata Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi.

1. Shin harus maksimal di seluruh kategori

Exco PSSI Ultimatum Shin Tae Yong, Diminta Lebih Baik LagiIwan Bule, Shin Tae Yong, dan Indra Sjafri di latihan Timnas Indonesia U-19, Kamis (23/6/2022). (IDN Times/Tino)

Dalam evaluasinya, PSSI hanya meminta Shin bisa membawa skuad Garuda meraih hasil maksimal di seluruh kompetisi tersebut. Pelatih 52 tahun itu tak dituntut untuk meraih trofi.

Wajar, tim Merah Putih akan menghadapi lawan yang cukup berat. Level kompetisinya jauh berbeda dengan Piala AFF, yang hanya bersaing dengan tim Asia Tenggara.

"Utamanya bukan hanya skuad senior, namun juga tim U-20 yang tahun ini akan menghadapi Piala Asia dan Piala Dunia U-20," kata Yunus.

Baca Juga: Park Hang Seo Bakal Gantikan Shin Tae Yong di Timnas Indonesia? 

2. Tugas Shin diringankan

Exco PSSI Ultimatum Shin Tae Yong, Diminta Lebih Baik LagiShin Tae Yong berikan arahan. (instagram.com/@pssi)

Shin sebenarnya begitu sibuk di tahun ini. Maka dari itu, PSSI meringankan tugasnya untuk tidak memimpin Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023 Kamboja.

Sementara, posisinya digantikan oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. Dia difokuskan untuk mematangkan tim di Piala Dunia U-20.

"Penunjukkan Indra Sjafri ini dilakukan karena Shin Tae-yong akan fokus kepada tim U-20 Indonesia yang akan berlaga di Piala Dunia U-20," bunyi pernyataan PSSI di situs resminya.

3. Shin segera gelar TC Timnas Indonesia U-20

Exco PSSI Ultimatum Shin Tae Yong, Diminta Lebih Baik LagiPemain Timnas U-20, Marselino Ferdinan, tengah melewati penggawa Antalyaspor U-20 dalam laga uji coba yang dimenangkan skuad Garuda Muda 3-2 di Turki, Selasa (8/11/2022). (Dok. PSSI)

Tugas terdekat Shin adalah menggelar pemusatan latihan (TC) Timnas U-20, yang akan dihelat pada 1 hingga 28 Februari 2023. TC tersebut diikuti 30 pemain dan akan terlaksana di Jakarta, demi mematangkan tim jelang Piala Asia U-20 2023.

Indra Sjafri menjabarkan ada beberapa laga uji coba yang bakal dilakoni Timnas U-20 selama TC ini. Hal itu sebagai antisipasi skuad Garuda Nusantara terhadap lawan-lawan di Piala Asia U-20 2023 kelak.

"Selama pemusatan latihan, PSSI telah menyiapkan sejumlah laga uji coba untuk tim U-20 Indonesia. Apalagi kita ketahui lawan-lawan di grup A Piala AFC U-20 merupakan negara-negara yang berkualitas," kata Indra.

Baca Juga: Exco PSSI: Kontrak Shin Tae Yong Harus Diperpanjang

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya