Comscore Tracker

3 Fakta Menarik Usai Belanda Hajar Amerika Serikat

Denzel Dumfries samai rekor Johan Cruyff

Jakarta, IDN Times - Belanda sukses menyingkirkan Amerika Serikat pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar, Sabtu (3/12/2022). Menang 3-1 di Khalifa International Stadium, De Oranje mantap melaju ke perempat final.

Gol-gol kemenangan Belanda dicetak Memphis Depay (10'), Daley Blind (45+1'), dan Denzel Dumfries (81'). Sementara, satu gol balasan Amerika Serikat dibukukan Haji Wright (76').

Hasil dari duel yang dimenangi De Oranje ini menghadirkan beberapa catatan unik. Dilansir Opta dan situs resmi FIFA, berikut fakta menarik usai Belanda hajar Amerika Serikat.

1. Denzel Dumfries sejajar dengan Johan Cruyff

3 Fakta Menarik Usai Belanda Hajar Amerika SerikatDenzel Dumfries, penggawa Timnas Belanda, tampil atraktif melawan Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2022 Qatar, Sabtu (3/12/2022). (twitter.com/OnsOranje)

Denzel Dumfries memang tampil gemilang pada laga ini. Penampilannya sukses menjadi inspirator kemenangan De Oranje. Betapa tidak, gol yang dicetak Memphis Depay dan Daley Blind tercipta karena assist-nya.

Pemain Inter Milan itu menjadi 1 dari 3 pemain Belanda yang terlibat langsung dalam 3 gol dalam 1 pertandingan Piala Dunia. Dia kini sejajar dengan Rob Rensenbrink dan Johan Cruyff.

Baca Juga: Belanda Sudah Unggul 2 Gol atas Amerika Serikat di Babak I

2. Daley Blind pencetak gol tertua bagi Belanda di Piala Dunia

Daley Blind yang mencetak gol pada laga ini juga mencatatkan rekor pribadi. Dia menjadi pemain tertua kedua yang mencetak gol untuk Belanda di Piala Dunia. Usianya kini 32 tahun 269 hari.

Giovanni van Bronckhorst menjadi pemain paling tua yang mencetak gol untuk Belanda di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Kala itu, dia menghadapi Uruguay saat menginjak usia 35 tahun 151 hari.

3. Amerika Serikat telan hasil menyakitkan

3 Fakta Menarik Usai Belanda Hajar Amerika SerikatTimnas Amerika Serikat (twitter.com/FIFAWorldCup)

Kalah 1-3 dari Belanda pada babak 16 besar menjadi kekalahan paling telak yang pernah diterima Amerika Serikat. Sebab, ini kali pertama mereka kalah dengan skor telak sejak edisi 1934 lalu.

Kala itu, The Yanks takluk dari Italia secara telak. Mereka tumbang dengan skor 1-7.

Baca Juga: Hajar Amerika Serikat, Belanda ke Perempat Final Piala Dunia 2022

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya