FIFA Tolak Permintaan Pemerintah Indonesia Soal Israel

Negosiasi pemerintah dengan FIFA berjalan alot

Jakarta, IDN Times - Plt Menpora RI, Muhadjir Effendy, mengungkapkan pemerintah sebenarnya sudah mengajukan permintaan ke FIFA terkait partisipasi Israel di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang. Namun, negosiasi terkait permintaan Indonesia berjalan alot.

Muhadjir menyebut, FIFA enggan merealisasikan syarat yang sudah diminta Indonesia. Padahal, menurutnya itu merupakan win-win solution atas situasi yang berkembang di Tanah Air.

"Tentu saja kami sangat menyayangkan kondisi atau syarat yang diajukan ke FIFA kelihatannya tidak mencapai kesepakatan," kata Muhadjir di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/3/2023).

1. Syarat yang diberikan masih tanda tanya

FIFA Tolak Permintaan Pemerintah Indonesia Soal IsraelPlt Menpora, Muhadjir Effendy (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hanya saja, pria 66 tahun itu memilih bungkam soal permintaan yang diajukan pemerintah demi kelancaran Piala Dunia U-20. Hal tersebut dikarenakan FIFA sudah membatalkan undian yang seharusnya bergulir di Bali, pada 31 Maret 2023.

"Bukan berarti kami menolak kehadiran Israel. Untuk itu, kami sudah mengajukan beberapa kondisi pada FIFA. Boleh (Israel datang), asal begini dan begitu. Enggak usah (diungkap) toh sudah diputuskan undian sudah dibatalkan oleh FIFA," kata Muhadjir.

Baca Juga: Profil Timnas Israel U-20 yang Tengah Jadi Buah Bibir

2. Erick Thohir segera sambangi markas FIFA

FIFA Tolak Permintaan Pemerintah Indonesia Soal IsraelMenteri BUMN, Erick Thohir, saat berbincang dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino. (Instagram/@erickthohir).

Kekisruhan ini membuat Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bergerak cepat. Muhadjir menyebut, Erick segera menyambangi kantor FIFA di Zurich, Swiss, untuk berkonsultasi dan melakukan lobi ke pemangku sepak bola tertinggi di dunia tersebut.

"Saya rasa, pak Erick akan segera ke Zurich untuk konsultasi lebih lanjut dengan FIFA," ujar pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) tersebut.

3. Pemerintah tak tepati janji?

FIFA Tolak Permintaan Pemerintah Indonesia Soal IsraelPertemuan PSSI dengan Presiden RI, Jokowi di Istana Negara, Senin (20/2/2023). (Dok. PSSI).

Israel lolos ke Piala Dunia U-20 2023 Indonesia usai melangkah ke fase gugur Piala Eropa U-19, Juni 2022 lalu. Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali yang dulu menjabat sebagai Menpora (2019-2023) pun menyatakan pemerintah akan menerima Israel dengan tangan terbuka.

Semua peserta akan dilayani. Namun, saat Piala Dunia U-20 di depan mata, status Indonesia sebagai tuan rumah justru berpotensi dicabut.

"Mereka tetap bisa datang bermain dan itu sudah kami bahas sejak 2019. Semua negara yang lolos menjadi peserta kami akan persilakan bermain, olahraga tidak ada urusan dengan politik," kata Zainudin, Juni 2022 lalu.

"FIFA sudah menyampaikan siapa yang lolos harus bisa main. Pihak keamanan kita sudah bisa mengamankan itu, tidam ada hal yang perlu dikhawatirkan," lanjutnya.

Baca Juga: Erick Thohir Segera Sambangi Markas FIFA

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya