Hajar Portugal, Korea Selatan Melaju ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Hwang Hee Chan jadi pahlawan Korea Selatan

Jakarta, IDN Times - Korea Selatan melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Bersua Portugal dalam laga pamungkas Grup H di Stadion Education City, Jumat (2/12/2022), skuad Taeguk Warrior Menang dramatis 2-1.

Hasil itu sudah cukup mengantarkan Korea Selatan melaju ke fase gugur. Sebab, tambahan tiga poin membuat Son Heung Min dan kolega finis di peringkat dua. Uruguay kalah head to head dari Korsel, karena hanya menang 2-0 atas Ghana.

Laga berjalan sengit sejak peluit kick-off dibunyikan. Korea Selatan yang ambisius meraih kemenangan langsung tancap gas untuk memberikan gempuran.

Namun, Korea Selatan mengalami kebuntuan. Mereka justru dikejutkan lewat gol cepat Portugal saat duel baru berusia lima menit. Itu berawal dari manuver cepat Diogo Dalot di sektor kanan pertahanan Korea Selatan. Dalot mampu memberikan umpan tarik terukur yang disambar Ricardo Horta untuk membawa Selecao das Quinas unggul 1-0.

Usai tertinggal, Son Heung Min dan kolega langsung meningkatkan intensitas serangan. Upaya mereka akhirnya berbuah manis usai Kim Young Gwon mampu membobol gawang Diogo Costa pada menit 27.

Korea Selatan dibuat kerepotan lewat serangan Portugal yang dibangun begitu efektif. Namun, tim asuhan Fernando Santos justru tumpul untuk kembali mengungguli Taeguk Warriors.

Dua peluang bersih yang didapat Portugal justru disia-siakan Cristiano Ronaldo. Peluang yang dibuang Ronaldo ternyata harus dibayar mahal. Portugal terpaksa diimbangi Korea Selatan dengan skor 1-1 di jeda babak.

Dominasi berhasil ditunjukkan Korea Selatan di babak kedua. Intensitas dan tempo permainan mereka meninggi untuk menggempur pertahanan Portugal secara masif.

Sejumlah peluang berhasil dihadirkan Korea Selatan lewat tembakan keras dari Son Heung min, Lee Kang In. Namun, tendangan mereka belum bisa menundukkan Diogo Costa di bawah mistar Portugal.

Sebaliknya, hingga menit 80, Portugal kesulitan untuk mengembangkan permainan. Sirkulasi bola mereka sering kali terputus di sektor tengah imbas high pressing yang diberikan Korea Selatan.

Kejutan terjadi di masa injury time. Lewat serangan balik yang dimotori Son, Korea Selatan akhirnya sukses memecah kebuntuan. Berlari dari tengah lapangan, Son mampu memberikan umpan terobosan. Sambaran Hwang Hee Chan sukses menggetarkan gawang Portugal menit 90+1.

Tak lama berselang, laga pun usai. Korea Selatan secara dramatis bisa menutup babak penyisihan dengan hasil gemilang dengan menang atas Portugal 2-1.

Gol Hwang Hee Chan tersebut sekaligus membawa Korea Selatan lolos ke babak 16 besar. Sebab, pada waktu yang sama, Uruguay hanya mampu menang dengan skor 2-0 atas Ghana.

Baca Juga: Ronaldo Apes, Korea Selatan Imbangi Portugal 1-1 di Babak I

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya