Ikuti Arahan FIFA, PSSI Gelar KLB 16 Februari 2023

Jadwal berubah atas saran FIFA

Jakarta, IDN Times - Teka-teki terkait Kongres Luar Biasa (KLB) yang bakal digelar PSSI akhirnya menemukan titik temu. PSSI bakal menggelar KLB pada 16 Februari 2023.

"KLB digulirkan pada 16 Februari 2023," bunyi pernyataan PSSI.

1. FIFA telah merespons

Ikuti Arahan FIFA, PSSI Gelar KLB 16 Februari 2023potret kantor FIFA (twitter.com/fifamedia)

Kepastian itu disampaikan setelah FIFA merespons surat dari PSSI terkait percepatan pelaksanaan kongres, Kamis (10/11/2022). FIFA menginginkan Kongres Biasa untuk pemilihan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) dilakukan pada 14 Januari 2023.

Sedangkan, KLB Pemilihan Eksekutif Komite (Ketum, Waketum, anggota Komite Eksekutif) bakal terlaksana 16 Februari 2023. PSSI berjanji akan mengikuti arahan dari FIFA.

"Kami telah menerima surat dari FIFA terkait pelaksaan kongres. Namun, ada perubahan melalui surat dari FIFA dan kami akan mengikuti arahan dari FIFA," kata Sekjend PSSI, Yunus Nusi.

Baca Juga: 40 Hari Tragedi Kanjuruhan, Momen PSSI Lakukan Transformasi

2. Segera kirimkan surat kepada seluruh voters

Ikuti Arahan FIFA, PSSI Gelar KLB 16 Februari 2023IDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelumnya, PSSI merencanakan kongres biasa pemilihan KP dan KBP pada 7 Januari dan KLB pemilihan seluruh Komite Eksekutif pada 18 Maret. Karena jadwal digeser FIFA, PSSI segera mengirimkan surat terkait perubahan jadwal kepada seluruh voters.

"Dengan ini kami segera mengirimkan surat kepada seluruh voters PSSI terkait perubahan tanggal kongres sesuai jawaban dari surat FIFA," ujar Yunus.

3. Menanti lembaran baru PSSI

Ikuti Arahan FIFA, PSSI Gelar KLB 16 Februari 2023Sekjen PSSI, Yunus Nusi (kiri), Ketum PSSI Mochamad Iriawan (tengah), dan Ketua Komdis PSSI Erwin Tobing (kanan) saat konferensi pers mengumumkan tindak lanjut PSSI dalam kasus pengaturan skor di Kantor PSSI, Jakarta, Sabtu (6/11/2021).

KP dan KBP terpilih nanti akan bekerja untuk memproses menuju kongres pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota Exco pada 16 Februari 2023.

Kiat ini sesuai rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF). Harapnya, kepengurusan PSSI bisa jauh menjadi lebih baik lagi, untuk meningkatkan kualitas sepak bola nasional.

Baca Juga: Ini yang akan Dipertanyakan PSMS di Kongres Biasa PSSI Januari 2023

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya