Jeka Saragih Tak Mau Buru-buru Debut di UFC

Kapan Jeka bisa debut?

Jakarta, IDN Times - Petarung Mixed Martial Arts (MMA) Indonesia, Jeka Saragih, tak mau terburu-buru dalam mencatatkan debutnya di Ultimate Fighting Championship (UFC). Jeka sadar, masih banyak kekurangan yang harus diperbaikinya sebelum bisa bertarung di oktagon UFC.

Setidaknya, menurut Jeka, debutnya baru tercipta paling cepat empat bulan lagi. Bahkan, dia bisa saja mencatatkan debut enam bulan ke depan.

"Belum, ada jadwal. Mungkin bisa empat atau enam bulan ke depan baru dapat jadwal bertarungnya," kata Jeka saat berbincang secara virtual, Rabu (1/3/2023).

1. Fokus benahi kekurangan

Jeka Saragih Tak Mau Buru-buru Debut di UFCJeka Saragih (instagram/jekasaragih)

Sembari menunggu debut, Jeka fokus membenahi kekurangannya saat bertarung. Salah satu aspek yang dibenahi Jeka adalah kemampuannya dalam submission.

Memang, sejatinya Jeka merupakan petarung dengan tipe striking. Bermodalkan beladiri wushu yang jadi latar belakangnya, membuat Jeka memiliki ketajaman dalam urusan pertarungan frontal.

"Saya harus membenahi kekurangan, khususnya di pertarungan bawah. Aspek itu harus diperkuat lagi supaya bisa lebih bersaing di sini. Saya harus perbanyak belajar jiu-jitsu dan gulat, supaya bisa keluar ketika dijatuhkan lawan untuk mengajak bertarung di atas lagi," ujar Jeka.

Baca Juga: Teken Kontrak, Jeka Saragih Jadi Petarung UFC Indonesia Pertama!

2. Jeka punya tantangan berat

Jeka Saragih Tak Mau Buru-buru Debut di UFCPetarung MMA Indonesia, Jeka Saragih, bikin KO jagoan Korea Selatan, Ki Won Bin (dok.Mola TV)

Selain itu, Jeka mengaku punya tantangan berat, sebelum melakoni debutnya. Dia harus menurunkan berat badan setidaknya hingga 20 kilogram.

Hal tersebut dikarenakan Jeka pindah ke kelas bulu. Kendati begitu, Jeka justru merasa lebih tertantang.

"Saya harus turun berat badan dulu, itu harus diet panjang. Harus turun sekitar 15 atau 20 kilogram. Tapi, itu bagian perjuangan. Kalau kita mau juara, ya harus siap," kata Jeka.

3. Cuek soal calon lawan dalam debutnya nanti

Jeka Saragih Tak Mau Buru-buru Debut di UFCPetarung MMA Indonesia, Jeka Saragih, bikin KO jagoan Korea Selatan, Ki Won Bin (dok. UFC)

Jeka juga tak ambil pusing soal siapa calon lawan dalam debutnya nanti. Jeka siap menghadapi siapapun lawannya.

"Saya akan sikat semua (siapa pun lawannya)," kata Jeka.

Baca Juga: Dikontrak UFC, Jeka Saragih Minta Dukungan Warga Siantar-Simalungun

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya