Jelang FIFA Matchday, Sandy Walsh Masih Digantung PSSI 

Sandy Walsh harap naturalisasinya segera rampung

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia bakal menjamu Curacao dalam laga uji coba FIFA Matchday pada 24 dan 27 September 2022. Laga ini sekaligus menjadi harapan dua pemain keturunan, Sandy Walsh dan Jordi Amat untuk melakukan debut.

Proses naturalisasi Sandy dan Jordi sebenarnya sudah memasuki fase akhir. Beberapa waktu lalu, ketika dibahas di DPR RI, mereka diprediksi bisa menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI) sebelum 24 September 2022.

1. Sandy Walsh hanya bisa menunggu

Jelang FIFA Matchday, Sandy Walsh Masih Digantung PSSI potret Sandy Walsh (instagram.com/sandywalsh)

Sandy berharap proses naturalisasinya bisa segera rampung. Dia ingin mengukir debutnya bersama Timnas Indonesia. Namun, sembilan hari menjelang kick-off, PSSI tak kunjung memberikan kabar baik.

Maka dari itu, dia belum mengetahui bakal bergabung atau tidak dalam pemusatan latihan (TC) di bawah asuhan Shin Tae Yong di Jakarta nanti. Dia hanya bisa pasrah menunggu panggilan tersebut.

"Saya belum memiliki jawaban tentang bergabung dengan Timnas Indonesia di FIFA Matchday. Perihal ini, harus menunggu dari PSSI. Semua tergantung dengan proses naturalisasi saya," kata Sandy Walsh ketika dihubungi IDN Times, Selasa (13/9/2022).

Baca Juga: Naturalisasi Disetujui DPR, Sandy Walsh Langsung Unjuk Gigi

2. Proses naturalisasi sudah masuk ke Kepres

Jelang FIFA Matchday, Sandy Walsh Masih Digantung PSSI Sandy Walsh dan Jordi Amat mengikuti rapat kerja Komisi III sebagai proses naturalisasinya, Senin (29/8/2022). (IDN Times/Tino)

Debut Sandy dan Jordi kemungkinan besar tak akan terjadi saat Timnas Indonesia bentrok dengan Curacao. Sebab, dikonfirmasi PSSI, mereka kemungkinan besar tidak akan bertolak ke Indonesia di FIFA Matchday.

"Belum, belum ikut ke sini. Sementara kami masih menunggu. Mudah-mudahan bisa selesai secepatnya. Sekarang sudah di Kepres, kemudian pengambilan sumpah," kata Yunus Nusi ketika ditemui di Rakernas KONI, Senin (12/9/2022).

3. Debutnya bisa terjadi di Piala AFF 2022?

Jelang FIFA Matchday, Sandy Walsh Masih Digantung PSSI Jordi Amat dan Sandy Walsh. (pssi.org)

Meski tak bisa terjadi di FIFA Matchday, Sandy dan Jordi masih memiliki kesempatan melakoni debut sesegera mungkin bersama Timnas Indonesia. Terdekat, skuad Garuda akan berlaga di Piala AFF 2022.

Turnamen dua tahunan ini bakal digelar pada Desember 2022 hingga Januari 2023 mendatang. Tim asuhan Shin Tae Yong sendiri tergabung di Grup A, bersama Filipina, Kamboja dan pemenang play-off antara Brunei Darussalam atau Timor Leste.

Baca Juga: Komisi X Restui Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya