Comscore Tracker

Korban Luka Tragedi Kanjuruhan Membaik, Masih Ada yang Trauma

Korban kebanyakan mengalami iritasi di bagian mata

Jakarta, IDN Times - Korban luka-luka dari tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) sudah berangsur membaik. Mereka mendapat perawatan di RSUD Saiful Anwar, Malang.

Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, saat menjenguknya ke RSUD Saiful Anwar, Selasa (4/10/2022). Dia ingin memastikan para korban mendapatkan penanganan yang baik.

"Korban mulai membaik. Ada yang sudah bisa diajak komunikasi," kata Amali dalam pernyataannya.

1. Masih ada yang trauma

Korban Luka Tragedi Kanjuruhan Membaik, Masih Ada yang TraumaSuasana RSUD Saiful Anwar, Malang pasca tragedi kerusuhan Kanjuruhan pada Senin (4/10/2022). (IDN Times/Gilang Pandutanaya)

Sejumlah korban memang sudah ada yang membaik. Tapi, menurut pantauan Zainudin, ada pula yang masih dalam kondisi trauma. Sebagian besar korban mengalami iritasi di mata, imbas terkena gas air mata saat kericuhan.

"Ada juga yang belum bisa diajak komunikasi, mungkin masih trauma ya. Tadi, yang saya lihat, rata-rata iritasi mata," ujar Zainudin.

Baca Juga: Jokowi Akan Keluarkan Keppres TGIPF Tragedi Kanjuruhan Hari Ini

2. Sudah ada yang dipulangkan

Korban Luka Tragedi Kanjuruhan Membaik, Masih Ada yang TraumaSuasana RSUD Saiful Anwar, Malang pasca tragedi kerusuhan Kanjuruhan pada Senin (4/10/2022). (IDN Times/Gilang Pandutanaya)

Sejumlah pasien tragedi Kanjuruhan di RSUD Saiful Anwar sudah makin berkurang. Sebab, ada yang kembali ke rumah lantaran kondisinya telah pulih.

"Jumlah pasien korban luka sudah berkurang. Ada beberapa yang masih dirawat," kata Zainudin.

3. Menpora minta korban luka ditangani dengan maksimal

Korban Luka Tragedi Kanjuruhan Membaik, Masih Ada yang TraumaMenteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Kapolri mengunjuki korban luka di Rumah Sakit dan takziah ke rumah duka korban meninggal dunia dari Tragedi Kanjuruhan (dok. Humas Kemenpora)

Pria 60 tahun itu meminta agar rumah sakit menangani korban dengan maksimal. Harapnya, dengan perawatan yang baik, para korban yang masih dirawat bisa segera pulih lebih cepat untuk kembali berkumpul bersama keluarga di rumahnya.

"Saya ke sini memastikan korban mendapatkan perawatan yang baik," ujar Zainudin.

Baca Juga: Kelebihan Kapasitas di Kanjuruhan, PSSI: Karena Tidak Single Seat

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya