Latihan di Indonesia Kepagian, Ricardinho: Di Eropa Pukul 10 Pagi

Ricardinho mulai terbiasa latihan pagi di Pendekar United

Jakarta, IDN Times - Bintang futsal dunia, Ricardinho, sempat kaget pada awal kedatangannya di Pendekar United. Menurutnya, jam latihan di Indonesia terlalu pagi berbeda dengan di Eropa.

Sebagaimana diketahui, klub futsal yang digawangi Atta Halilintar ini melakukan gebrakan dengan mendatangkan pemain Timnas Portugal itu pada 6 Juni 2022. Dia diikat selama tiga musim, tetapi ada opsi perpanjangan kontrak jika kedua pihak merasa puas.

Pemain futsal terbaik dunia enam kali itu dia sudah bermain lima di laga Pendekar United dengan catatan tujuh assist dan sebiji gol.

1. Ricardinho sebut jam latihan di Indonesia kepagian

Latihan di Indonesia Kepagian, Ricardinho: Di Eropa Pukul 10 PagiRicardinho dalam sesi latihan Pendekar United, Rabu (13/7/2022). (IDN Times/Tino)

Jam latihan di Indonesia sempat membuat Ricardinho kaget. Ini menjadi salah satu faktor adaptasinya berjalan sedikit sulit.

Dia harus bangun lebih pagi untuk memulai latihan di Indonesia. Sebab, menjalani latihan bersama Pendekar United mulai pukul 07.00 WIB.

Dia menilai, jam latihan tersebut kepagian. Sebab, Ricardinho biasanya memulai latihan pada pukul 10.00 selama berkarier di Benua Biru.

"Latihan di sini terlalu pagi dari Eropa. Di Eropa normalnya latihan jam 10 pagi, di sini jam 7 atau jam 8. Itu perbedaan besar," kata Ricardinho diikuti gelak tawanya, saat ditemui IDN Times usai latihan.

Baca Juga: Ricardinho Kesulitan Saat Pertama Datang ke Indonesia 

2. Ricardinho muali terbiasa dengan latihan pagi di Indonesia

Latihan di Indonesia Kepagian, Ricardinho: Di Eropa Pukul 10 PagiRicardinho dalam sesi latihan Pendekar United, Rabu (13/7/2022). (IDN Times/Tino)

Namun demikian, kini Ricardinho sudah terbiasa akan hal itu. Koleganya di Pendekar United disebut sangat membantunya untuk beradaptasi, baik dengan jam latihan dan cuaca lebih panas ketimbang Eropa.

"Tapi yang sangat penting, adaptasi sudah sangat bagus. Semua rekanku membantu, dan saya pikir kita sudah melakukan pekerjaan yang bagus," ujar Ricardinho.

3. Ricardinho sudah makin nyetel di Pendekar United

Latihan di Indonesia Kepagian, Ricardinho: Di Eropa Pukul 10 PagiSubhan Faidasa, bersama Ricardinho dan penggawa lain Pendekar United. (Instagram/@subhanfaidasa)

Adaptasi yang semakin bagus itu membuat Ricardinho semakin nyetel dengan Pendekar United. Hanya saja, dia tak menampik masih banyak bahan evaluasi yang harus dibenahi.

"Koneksi kita sudah lebih bagus. Saya pikir, kita bisa lebih baik, tapi masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan," kata Ricardinho.

Sekadar informasi, Ricardinho sukses membantu tim milik Atta Halilintar itu lebih disegani. Pendekar United belum terkalahkan sejak kedatangannya, dengan rincian tiga kemenangan dan hanya dua kalah dalam lima pertandingan.

 

 

Baca Juga: Gaya Latihan Ricardinho: Suka Bercanda dan Tak Pelit Ilmu

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya