LIB Masih Mengelak soal Jadwal Malam Arema Vs Persebaya

LIB bersikeras ada pengaruh pemegang hak siar

Jakarta, IDN Times - PT Liga Indonesia Baru (LIB) baru saja dimintai keterangan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Rabu (19/10/2022). Hal yang dibahas masih seputar pengaturan jadwal kick-off Arema FC versus Persebaya Surabaya pada 1 Oktober 2022 lalu.

Komnas HAM ingin mendalami laporan yang sudah dikeluarkan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) pada 14 Okktober 2022 lalu. Dalam laporan itu, Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, disebutkan sempat berkomunikasi dengan eks Kapolres Malang, Ferli Hidayat, agar duel tetap digelar pada pukul 20.30 WIB.

"Pada Tanggal 19 hingga 20 September 2022, Kapolres Malang mengadakan komunikasi via telepon dengan Direktur Operasional LIB, Irjen (Purn) Sudjarno, yang mengatakan laga tetap harus dilaksanakan pada malam hari karena tidak dicapai titik temu terkait kesepakatan antara pemegang hak siar dengan PT LIB," bunyi keterangan TGIPF yang tertuang pada Bab III, tentang temuan dan fakta di lapangan.

1. Klarifikasi PT LIB

LIB Masih Mengelak soal Jadwal Malam Arema Vs PersebayaLogo PT Liga Indonesia Baru di bendera pojok lapangan. (Liga-Indonesia.id)

Sudjarno memang tak mengelak sempat berkomunikasi dengan Ferli via telepon. Namun, dia membantah meminta agar jadwal kick-off derbi Jawa Timur tetap digelar malam.

"Kami sempat hadir silaturahmi, telepon, bahkan bercanda. Saya bilang, semua kami serahkan pada pak Kapolres, mudah-mudahan ada keputusan yang terbaik. Itu yang saya jelaskan," kata Sudjarno.

Baca Juga: LIB Penuhi Panggilan Komnas HAM Tanpa Dirut Akhmad Hadian Lukita

2. Tegaskan ada unsur pemegang hak siar

LIB Masih Mengelak soal Jadwal Malam Arema Vs PersebayaDirektur Program Indosiar, Harsiwi Achmad (IDN Times/Tino Satrio)

Sudjarno juga kembali menegaskan pengaturan jadwal pertandingan dipengaruhi pula oleh pemegang hak siar, Indosiar. Duel Arema versus Persebaya, dijelaskan Sudjarno, sudah ditetapkan melalui koordinasi dengan mereka.

"Jadwal itu, keputusan bersama pada hasil koordinasi sedemikian rupa termasuk dengan pemegang hak siar," ujar Sudjarno.

3. LIB sudah jelaskan semua pertanyaan Komnas HAM

LIB Masih Mengelak soal Jadwal Malam Arema Vs Persebaya(IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut Sudjarno, informasi yang digali Komnas HAM sudah dijawab PT LIB sepenuhnya. Meski begitu, Sudjarno tak memberikan rinci keterangan apa saja yang diberikan mereka kepada Komnas HAM.

"Ada dua hal. Pertama, terkait dengan tata kelola PT LIB selaku operator Liga 1 yang diberikan mandat oleh PSSI. Kemudian, terkait dengan beberapa hal yang merupakan informasi-informasi yang perlu diklarifikasi. Itu saja," ujar Sudjarno.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan Bukan Alasan Indonesia Tak Jadi Host Piala Asia 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya