Marc Klok Apresiasi Terjalinnya Kolaborasi KNVB dan PSSI 

Klok nantikan bibit pesepak bola potensial

Jakarta, IDN Times - Gelandang Persib Bandung, Marc Klok, antusias dengan kolaborasi KNVB dan PSSI. Menanggapi itu, Klok optimistis perkembangan sepak bola Indonesia bisa kian terdongkrak.

"Saya tentu senang sekali karena ke depannya kolaborasi KNVB dan PSSI ini bisa membuat sepak bola Indonesia jadi lebih bagus," ujar Klok, seusai jumpa pers Oranje Indonesia Festival, di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (1/9/2022).

1. Sasar perkaya infrastruktur sepak bola di Indonesia

Marc Klok Apresiasi Terjalinnya Kolaborasi KNVB dan PSSI Marc Klok saat berlatih bersama Timnas Indonesia U-23 jelang SEA Games 2021 / Dokumentasi PSSI

Klok sangat berharap kolaborasi itu menghadirkan sebuah gebrakan bagus. Incarannya, PSSI bisa belajar banyak dari KNVB soal membangun infrastruktur sepak bola.

Infrastruktur itu penting dalam pembinaan usia dini. Dari situ, bisa tercipta bibit-bibit pesepak bola yang berkualitas.

"Saya pikir, KNVB adalah federasi yang luar biasa dalam infrastruktur sepak bola. Saya selalu berpikir bahwa edukasi dan infrastruktur sepak bola ini untuk anak-anak muda agar ke depannya punya visi dan masa depan lebih bagus," kata Klok.

Baca Juga: Marc Klok: Timnas Indonesia ke Kuwait Bukan untuk Main-main

2. Kolaborasi KNVB dan PSSI sudah terjalin sejak 2020

Marc Klok Apresiasi Terjalinnya Kolaborasi KNVB dan PSSI Konferensi pers Oranje Indonesia Festival, Kamis (1/9/2022).

PSSI sejatinya sudah menjalin kerja sama dengan KNVB sejak 2020. Hal ini dikatakan Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira, yang juga hadir dalam jumpa pers Oranje Indonesia Festival.

"Target kita semakin tinggi ke depannya. Karena itu kita mau buat fondasi yang bagus, seperti dukungan dari KNVB. Kita kemarin banyak bicara soal grass root program, dan soal kepelatihannya juga. Ini akan menjadi fondasi yang sangat bagus sekali ke depannya," kata Ira.

3. KNVB nantikan perkembangan sepak bola Indonesia

Marc Klok Apresiasi Terjalinnya Kolaborasi KNVB dan PSSI Sekjen KNVB, Gijs de Jong. (IDN Times/Tino).

KNVB juga antusias melihat perkembangan sepak bola Indonesia ke depannya. Tapi, perubahan itu tidak akan berjalan cepat. Semua butuh proses, kata Sekjen KNVB, Gijs de Jong. Dan kembali lagi, semua harus berawal dari pembinaan usia dini yang bagus dan profesional.

"Menurut saya Timnas Indonesia sudah di jalan yang benar. Mereka terus berkembang lebih baik. Tapi sangat penting jika bisa mengembangkan grass root-nya, selangkah demi selangkah. Memang, mengubah dunia tidak bisa dalam dua detik," kata Gijs de Jong.

Baca Juga: PSSI Klaim Piala Indonesia Dapat Sponsor, Kok Cepat Banget?

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya