Marc Klok Tak Sabar Timnas Indonesia Diperkuat Dua Pemain Keturunan 

Sandy Walsh dan Jordi Amat segera jadi WNI

Jakarta, IDN Times - Gelandang Persib Bandung, Marc Klok, tak sabar berbagi ruang ganti bersama dua pemain keturunan, Sandy Walsh dan Jordi Amat di Timnas Indonesia. Sebab, mereka diyakini bisa mendongkrak kualitas Pasukan Garuda.

Klok juga mengaku terus memantau sejauh apa perkembangan proses naturalisasi kedua calon rekannya itu. Dia berharap, mereka bisa segera menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI) sesegera mungkin.

"Saya sangat senang akhirnya mereka hampir selesai dinaturalisasi dan bergabung bersama kami untuk memberikan yang terbaik di Timnas Indonesia," kata Jordi," kata Marc Klok dalam jumpa pers Oranje Indonesia Festival di Stadion GBK, Kamis (1/9/2022).

Baca Juga: Komisi X Restui Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat

1. Klok sudah memiliki kedekatan yang baik

Marc Klok Tak Sabar Timnas Indonesia Diperkuat Dua Pemain Keturunan Marc Klok saat berlatih bersama Timnas Indonesia U-23 jelang SEA Games 2021 / Dokumentasi PSSI

Hubungan mereka terjalin dengan baik, lantaran terus berkomunikasi satu sama lain. Ini yang menyebabkannya tak sabar bermain bersama Sandy dan Jordi.

Pun, Klok tahu betul mereka juga sudah tak sabar mengenakan lambang Garuda di dadanya. Sebab, dia pernah merasakan penantian panjang untuk membela Timnas Indonesia lantaran dokumen naturalisasinya sempat bermasalah.

"Saya sering ngobrol dengan mereka. Proses mereka untuk dinaturalisasi tidak mudah, karena saya tahu semuanya. Saya juga pernah dinaturalisasi. Semoga bisa cepat selesai," ucap Klok.

Baca Juga: 3 Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF?

2. Klok harap Sandy dan Jordi bisa cepat beradaptasi

Marc Klok Tak Sabar Timnas Indonesia Diperkuat Dua Pemain Keturunan Jordi Amat dan Sandy Walsh. (pssi.org)

Selain proses bisa rampung dengan cepat, pemain berdarah Belanda itu juga memiliki harapan lain. Dia ingin Sandy dan Jordi tak butuh waktu lama untuk beradaptasi di bawah asuhan Shin Tae Yong.

"Semoga, mereka bisa beradaptasi dengan baik nantinya agar bisa memberikan yang terbaik untuk negara ini," ujar Klok.

3. Sandy dan Jordi berpotensi debut bulan ini

Marc Klok Tak Sabar Timnas Indonesia Diperkuat Dua Pemain Keturunan potret Sandy Walsh (instagram.com/sandywalsh)

Harapan Klok sepertinya bisa terwujud. Sebab, proses naturalisasi calon kompatriotnya itu semakin memasuki fase akhir. 

Proses lanjutan naturalisasi Jordi dan Sandy dikatakan memakan waktu beberapa pekan. Jika berjalan lancar, Jordi dan Sandy diprediksi menjadi WNI pada 12 September 2022 mendatang.

Kalau itu terjadi, maka Jordi dan Sandy bisa saja tampil membela Timnas saat menghadapi Curacao pada 24 dan 27 September 2022 nanti.

"Meski sudah disetujui DPR, masih ada proses administrasi. Ini memakan waktu sekitar dua pekan. Jadi, kami harap pada 24 September nanti, dua pemain itu bisa berlaga atas membela Indonesia," kata Wamenkumham RI, Edward Omar beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Spanyol atau Belanda Jadi Destinasi TC Timnas Indonesia U-19 

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya