Mengenal KMSK Deinze, Klub Baru Marselino Ferdinan

Belum pernah menembus divisi teratas Liga Belgia

Jakarta, IDN Times - Marselino Ferdinan resmi merantau ke Eropa. Gelandang 18 tahun itu dilepas Persebaya Surabaya untuk melanjutkan kariernya ke KMSK Deinze, salah satu klub asal Belgia, Rabu (1/2/2023).

Deinze pun menjelaskan alasan merekrut wonderkid Timnas Indonesia tersebut. Dalam pernyataan resminya, Lino (sapaanya) dinilai sebagai salah satu talenta yang menjanjikan.

"Pada hari batas akhir transfer, KMSK Deinze mendapatkan satu talenta menjanjikan terakhir. Marselino Ferdinan datang dari Persebaya Surabaya, salah satu klub sepak bola terbesar dan terpopuler di Indonesia, dan menandatangani kontrak hingga Juni 2024 dengan opsi tambahan satu tahun," bunyi pernyataan KMSK Deinze.

KMSK Deinze memang agak asing di telinga publik Indonesia, khususnya pecinta sepak bola. Supaya lebih mengenal klub baru Marselino, berikut IDN Times sajikan buat kamu profil KMSK Deinze.

1. Masih berkiprah di divisi dua Belgia

Mengenal KMSK Deinze, Klub Baru Marselino FerdinanMarselino Ferdinan bergabung dengan KMSK Deinze. (Twitter/@@KMSKDeinze)

Berbasis di Deinze, kota yang terletak di barat laut Belgia, klub ini didirikan pada 12 Maret 1926 silam. Saat ini, KMSK Deinze masih berlaga di divisi kedua Belgia, Challenger Pro League.

KMSK Deinze bermarkas di Burgemeester Van de Wiele. Nantinya, debut Marselino di kandang bisa disaksikan 7.515 penonton.

Klub yang hampir berusia 97 tahun itu debut di kompetisi regional Belgia pada musim 1926/1927. KMSK Deinze butuh waktu lama, untuk promosi ke divisi kedua, tepatnya pada 1992 hingga musim 2008/2009.

Setelah kembali turun ke divisi ketga, KMSK Deinze akhirnya kembali ke divisi kedua pada 2019/20. Pada musim lalu, KMSK Deinze hanya mampu finish di urutan keempat, dengan koleksi 39 poin dari 28 laga.

Baca Juga: Marselino Ferdinan Datang, Follower KMSK Deinze Melejit

2. KMSK Deinze punya rata-rata pemain usia muda

Menilik laman statistik Transfermarkt, KMSK Deinze punya rata-rata pemain dengan usia muda, 26 tahun. Komposisi pemain muda itu dinahkodai pelatih lokal, Marc Grosjean.

Juru taktik 64 tahun itu juga belum lama melatih Deinze. Dia baru ditunjuk manajemen KMSK Deinze pada Oktober 2022 lalu.

3. Ada pemain Asia Tenggara lainnya

Mengenal KMSK Deinze, Klub Baru Marselino FerdinanIlhan Fandi saat diresmikan KMSK Deinze. (Instagram/@ilhanfa).

Marselino bukan satu-satunya pemain asal Asia Tenggara di KMSK Deinze. Pada bursa transfer musim dingin 2022/23, Grosjean merekrut andalan Timnas Singapura, Ilhan Fandi.

Keduanya bisa melakoni debut dalam waktu dekat. KMSK Deinze dijadwalkan melawat ke markas FCV Dender EH, 6 Februari 2023 mendatang.

Baca Juga: Marselino: Saya Senang Jadi Pemain Deinze

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya