Mental Timnas U-20 Jadi Sorotan, Shin: Pemain Sudah Takut Duluan 

Timnas U-20 menang atas Antalyaspor U-20 dengan skor 3-2

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-20 sukses mengalahkan Antalyaspor U-20 dalam laga uji coba, Selasa (8/11/2022) malam WIB. Namun, pelatih Shin Tae Yong, masih menemukan kekurangan dalam di balik kemenangan tersebut.

Skuad Garuda Muda menang dengan susah payah di Limak Arcadia Football Center. Timnas U-20 bahkan sempat tertinggal dua kali, sebelum akhirnya meraih kemanangan dengan skor 3-2.

"Pemain bisa bermain maksimal meski tertinggal dan akhirnya membalikan keadaan," kata Shin Tae Yong selepas laga.

1. Minder lawan tim berpostur tinggi besar

Mental Timnas U-20 Jadi Sorotan, Shin: Pemain Sudah Takut Duluan Aksi pemain Timnas U-20 yang tengah melewati penggawa Antalyaspor U-20 dalam laga uji coba yang dimenangkan skuad Garuda Muda 3-2 di Turki, Selasa (8/11/2022). (Dok. PSSI)

Hal yang disorot Shin adalah lemahnya mental Timnas U-20. Mereka nampak ciut sebelum laga dimulai. Hal itu terjadi usai Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan melihat keunggulan postur yang dimiliki Antalyaspor U-20.

"Sebelum main para pemain sudah takut duluan dan saat beradu body juga kurang ya. Postur tubuh pemain masih kecil karena itu salah satu alasan pemain jadi takut," kata Shin Tae Yong.

Baca Juga: Garang di Babak Kedua, Timnas U-20 Bekuk Antalyaspor U-20

2. Pemain Timnas U-20 harus segera berbenah

Mental Timnas U-20 Jadi Sorotan, Shin: Pemain Sudah Takut Duluan Aksi pemain Timnas U-20 yang tengah melewati penggawa Antalyaspor U-20 dalam laga uji coba yang dimenangkan skuad Garuda Muda 3-2 di Turki, Selasa (8/11/2022). (Dok. PSSI)

Kekurangan itu ingin segera diperbaiki Shin, meski membutuhkan waktu yang tak singkat. Tapi, jika mentalitasnya tak urung terbangun, pemain Timnas U-20 akan kesulitan bertarung di Piala Dunia U-20, yang notabene bakal diikuti pemain berpostur menjulang.

"Tetapi kita tidak bisa memperbaiki semua itu secara instan, melainkan harus perbaiki satu demi satu," ujar Shin.

3. Shin tetap sanjung kinerja pemain Timnas U-20

Mental Timnas U-20 Jadi Sorotan, Shin: Pemain Sudah Takut Duluan Aksi pemain Timnas U-20 saat laga melawan Antalyaspor U-20 dalam pertandingan uji coba yang dimenangkan skuad Garuda Muda 3-2 di Turki, Selasa (8/11/2022). (Dok. PSSI)

Di luar kritik yang diberikan, Shin menyanjung permainan Timnas U-20 pada laga uji coba tersebut. Arsitek asal Korea Selatan itu merasa puas dengan kemenangan yang diraih, lantaran menurunkan pemain pelapis di starting eleven.

"Kami memang menurunkan pemain yang jarang mendapat kesempatan di babak pertama. Pemain inti baru turun di babak kedua. Pujian saya berikan kepada pemain karena telah bekerja keras," kata Shin Tae Yong.

Baca Juga: PR Besar Timnas U-20 saat Diimbangi Moldova: Umpan!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya