Misi Ganda Kamboja saat Duel Kontra Indonesia di Piala AFF 2022

Kamboja mau putus tren negatif

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia perlu waspada saat bersua Kamboja dalam laga perdananya di Grup A Piala AFF 2022, Jumat (23/12/2022). Angkor Warriors siap membuat kejutan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUBGK).

Pelatih Kamboja, Ryu Hirose, menegaskan ada motivasi berlipat saat melawan Indonesia. Apalagi, menurut Hirose, saat ini Kamboja sedang berada dalam kondisi terbaik buat menghadapi Pasukan Garuda, usai menang lawan Filipina.

"Saya pikir, Kamboja memiliki kesempatan untuk mengalahkan Indonesia kali ini," kata Hirose dalam jumpa pers jelang laga di SUGBK, Kamis (22/12/2022).

1. Selalu kalah dalam lima pertandingan terakhir

Misi Ganda Kamboja saat Duel Kontra Indonesia di Piala AFF 2022Bola Piala AFF 2022. (IDN Times/Tino).

Motivasi yang dimaksud Hirose adalah memperbaiki rapor pertemuan melawan Indonesia. Dalam lima pertemuan terakhir di Piala AFF, Indonesia selalu bikin Kamboja gigit jari.

Pada edisi sebelumnya, Kamboja juga keok dengan skor 2-4 dari Indonesia. Kekalahan terbesar mereka rasakan pada Piala AFF 2004 silam, dengan skor telak 0-8.

"Indonesia memang memiliki rekor pertemuan yang baik (dengan Kamboja). Tapi, bukan berarti kami tak memiliki kesempatan untuk menang," kata pelatih asal Jepang tersebut.

Baca Juga: Kontra Kamboja, Timnas Indonesia Tak Mau Senasib dengan Filipina

2. Kamboja tetap waspada

Misi Ganda Kamboja saat Duel Kontra Indonesia di Piala AFF 2022Pelatih Timnas Kamboja, Ryu Hirose dan kapten Soeuy Visal dalam jumpa pers, Kamis (21/12/2022). (IDN Times/Tino).

Meski begitu, misi tersebut tak bisa terwujud dengan mulus. Pelatih 66 tahun itu tak mengelak tim besutan Shin Tae Yong diisi sederet pemain berkualitas.

"Kami tidak punya informasi spesifik tentang skuad Indonesia. Tapi, kami mewaspadai semuanya," ujar Hirose.

Baca Juga: Mesin Timnas Indonesia Masih Dingin, Janji Gaspol Lawan Kamboja

3. Bakal main hati-hati

Misi Ganda Kamboja saat Duel Kontra Indonesia di Piala AFF 2022Jumpa pers jelang Indonesia vs Kamboja, Kamis (22/12/2022). (IDN Times/Tino).

Karena itu, Hirose tak mengelak bakal menghadapi Marc Klok dan kawan-kawan secara hati-hati. Cara itu disebut ampuh untuk membukukan hasil positif di SUGBK.

"Kami hanya akan bermain secara berhati-hati. Yang terpenting bagaimana kami mendapatkan hasil yang baik besok," kata Hirose.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya