Misi Ganda Koeman Bareng Belanda, Raih Trofi dan Lewati Rekor Van Gaal

Koeman telah diperkenalkan sebagai pelatih De Oranje

Jakarta, IDN Times - Ronald Koeman punya ambisi besar setelah kembali menangani Timnas Belanda, Selasa (24/1/2023). Pelatih 59 tahun itu mau melewati rekor seniornya, Louis van Gaal, bersama De Oranje.

Tentunya, itu berkaitan dengan catatan Belanda di pentas internasional. Pun, Koeman ingin meraih kejayaan bersama Belanda, setelah melakoni puasa yang panjang

1. Mau lewati rekor 20 laga tak terkalahkan

Misi Ganda Koeman Bareng Belanda, Raih Trofi dan Lewati Rekor Van GaalTyrell Malacia dan Louis van Gaal. (mirror.co.uk)

Dalam perkenalannya, Koeman menyanjung kinerja Van Gaal saat menangani Memphis Depay dan kolega selama 16 bulan. Maklum, pelatih 71 tahun itu berhasil membawa Belanda tak terkalahkan dalam 20 pertandingan.

Maka dari itu, Koeman ingin mengukir rapor serupa bersama Belanda. Hanya saja, dia berambisi untuk melakukannya dengan cara yang berbeda.

"Tak terkalahkan dalam 20 laga, tidak dapat dipercaya jika saya juga berhasil melakukannya. Saya pikir itu bisa dilakukan. Saya ingin melakukannya dengan berbeda," ujar Koeman melansir Sports Illustrated.

Baca Juga: Ronald Koeman Balik Latih Belanda, Mau Bangkitkan Total Football

2. Mau bawa trofi ke Belanda

Misi Ganda Koeman Bareng Belanda, Raih Trofi dan Lewati Rekor Van GaalRonald Koeman. (mirror.co.uk)

Koeman punya misi besar dalam kesempatan keduanya bersama Belanda. Dia kini ingin mempersembahkan trofi buat Belanda. Maklum, pada kesempatan pertamanya di periode 2018 hingga 2020 lalu, Koeman cuma bisa mengantarkan Belanda jadi runner-up UEFA Nations League, usai keok dari Portugal Juni 2019 lalu.

"Saya harus menunjukkan diri, sukses di turnamen besar. Langkah pertama adalah kualifikasi Piala Eropa yang dimulai pada Maret (2023) nanti," kata Koeman.

3. Belanda kangen trofi

Misi Ganda Koeman Bareng Belanda, Raih Trofi dan Lewati Rekor Van GaalCody Gakpo dan Frenkie de Jong selebrasi usai membobol gawang Senegal, Senin (21/11/2022). (twitter.com/FIFAWorldCup)

Belanda sudah kangen trofi. Sudah cukup lama mereka puasa gelar. Selama ini, status spesialis turnamen memang melekat ke Belanda, tapi selalu saja kesialan menghampiri.

Tercatat, Belanda baru sekali menjadi juara. Itu terjadi pada Piala Eropa edisi 1988 silam. Setelahnya, Belanda belum pernah juara lagi.

Baca Juga: Profil Wout Weghorst, Striker Belanda Pengganti CR7 di MU

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya