Optimisme Shin Tae Yong Usai Antar Indonesia ke Piala Asia: Kami Siap!

Pasukan Garuda siap beraksi di Piala Asia 2023

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, begitu gembira setelah membawa anak-anak asuhnya ke putaran final Piala Asia 2023. Pasukan Garuda ditegaskan Shin, sudah sangat siap untuk tantangan selanjutnya.

Ya, Marc Klok dan kawan-kawan lolos dengan status lima runner-up terbaik, setelah mengalahkan Nepal 7-0 di laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (15/6/2022). Dalam klasemen akhir runner up terbaik, Indonesia finis di posisi kedua, mengungguli Malaysia dan Thailand karena unggul selisih gol.

"Saya pikir para pemain mencurahkan segalanya di lapangan dan karena kami menjalani laga pertama dengan sangat baik, sisanya jadi lebih mudah. Hasilnya, kami lolos. Segalanya sesuai rencana," kata Shin selepas laga.

1. Timnas Indonesia sudah siap dengan tantangan yang lebih berat

Optimisme Shin Tae Yong Usai Antar Indonesia ke Piala Asia: Kami Siap!Selebrasi para pemain Timnas Indonesia usai jebol gawang Nepal dan lolos ke Piala Asia 2023 (dok. PSSI)

Tentu, lolosnya Indonesia ke Piala Asia membuat tantangan semakin berat. Tim kuat menanti mereka untuk dihadapi. Namun, Shin tidak takut dengan ancaman yang menunggu.

Baginya, Pasukan Garuda sudah siap. Mereka dianggap berhasil unjuk gigi di kualifikasi. Keberhasilan tersebut dinilai sebagai modal positif, untuk semakin berkembang.

"Dengan kualifikasi ini, kami akan tumbuh lebih cepat, terbang kian tinggi, dan berusaha untuk menjadi tim kuat," ujar Shin.

Baca Juga: Daftar 24 Peserta Piala Asia 2023, Ada Timnas Indonesia

2. Penantian selama 15 tahun ke Piala Asia

Optimisme Shin Tae Yong Usai Antar Indonesia ke Piala Asia: Kami Siap!Shin Tae Yong dan Timnas Indonesia. (Instagram.com/pssi)

Indonesia terakhir kali tampil di Piala Asia pada edisi 2007 silam. Penantian 15 tahun pun berakhir. Shin sudah memberikan dampak positif untuk Pasukan Garuda.

Namun, Shin memiliki tanggung jawab yang lebih berat. Dia harus menyulap anak asuhnya agar tak dilumat tim kuat seperti Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, dan masih banyak lagi. Evaluasi diperlukan untuk meningkatkan kapasitas Indonesia jelang Piala Asia.

3. Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa saja main

Optimisme Shin Tae Yong Usai Antar Indonesia ke Piala Asia: Kami Siap!Sandy Walsh (instagram.com/sandywalsh)

Di sisi lain, Shin akan mendapat suntikan kekuatan. Sandy Walsh dan Jordi Amat diyakini bisa tampil di Piala Asia 2023, begitu juga Shayne Pattynama. Kehadiran mereka diharapkan mampu memperkuat kualitas Indonesia.

Sampai sekarang, ketiganya sedang dalam proses naturalisasi di Jakarta. Kemungkinan, satu atau dua bulan ke depan paspor Indonesia bisa mereka dapatkan.

Baca Juga: [BREAKING] Bantai Nepal, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya