Comscore Tracker

Ousmane Dembele Punya Penyesalan Besar di Barcelona

Merasa sia-sia selama lima tahun, imbas sering cedera

Jakarta, IDN Times - Bintang Barcelona, Ousmane Dembele, menggambarkan penyesalannya ketika bergabung dengan Barcelona. Dia merasa tak berguna dalam lima tahun pertamanya bersama Azulgrana, imbas dari cedera kambuhannya.

Betapa tidak, sejak diboyong ke Camp Nou pada 2017 lalu, Dembele menjelma sebagai pemain kaki kaca. Kondisinya ringkih dan rentan cedera. Situasi ini bertahan hingga 2021 lalu.

"Dari 2017 hingga 2021 saya sangat membuang waktu saya. Saya telah kehilangan lima tahun hidup saya [di Barcelona]," kata Dembele mengutip Goal Internasional.

1. Tidak jaga kondisi fisik

Ousmane Dembele Punya Penyesalan Besar di Barcelonaskysports.com

Situasi itu sangat disesali Dembele. Diboyong dengan mahar 105 juta euro, atau setara Rp1,5 triliun untuk menggantikan peran Neymar Jr yang hengkang ke PSG, dia justru lebih sering menghabiskan waktunya di ruang medis.

Cedera hamstring jadi mimpi buruk winger asal Prancis tersebut. Menilik laman statistik Transfermarkt, dia melewatkan 55 pertandingan bersama Barcelona karena hamstring dalam periode 2017-2021.

"Saya mengalami banyak cedera hamstring. Para pelatih bersikeras kepada saya bahwa jika saya tidak berusaha lebih keras, cedera saya akan kambuh," ujar Dembele.

Baca Juga: Lewandowski Bidik Ballon d'Or Bareng Barcelona

2. Xavi bantu Dembele menjadi lebih prima

Ousmane Dembele Punya Penyesalan Besar di BarcelonaXavi Hernandez. (fcbarcelona.com)

Menjelang akhir musim 2021/22, kondisi Dembele mulai prima. Cedera kambuhannya tidak muncul lagi. Terakhir, dia cedera lutut dan hamstring pada Juni-November 2021 lalu.

Menurut Dembele, kehadiran Xavi Hernandez di kursi pelatih kepala sangat membantunya dalam meningkatkan kebugaran. Maka dari itu, dia senang bisa menghabiskan waktu di atas lapangan ketimbang ruang medis.

"Dengan Ronald Koeman saya mulai membaik dan dengan Xavi itu menjadi lebih baik lagi," kata Dembele.

3. Dembele janji jaga fisik

Ousmane Dembele Punya Penyesalan Besar di Barcelonapotret Ousmane Dembele (skysports.com)

Dembele enggan merasakan kembali situasi kelam lima tahun yang lalu. Dia berjanji untuk menjaga kondisi fisiknya demi membantu Barcelona menjadi lebih garang lagi.

Dembele yang perlahan pulih dari cedera mulai mendapat tempatnya di tim inti. Sejak awal musim ini, dia menjadi andalan Xavi di starting XI untuk menyisir sektor sayap kanan. Hasilnya, Dembele sudah mencatatkan 2 gol dan 4 assist dalam delapan laga lintas kompetisi.

"Saya harus bekerja keras untuk bisa bermain, menjadi sehat dan bisa tampil sedikit demi sedikit," kata Dembele.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Barcelona dengan Penampilan UCL Terbanyak

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya