Pentolan Jakmania dan Viking Mesra Nonton Timnas: Bawa Pesan Damai

Jangan terpancing provokator

Jakarta, IDN Times - Pentolan kelompok suporter Persija Jakarta, The Jakmania, dan Persib Bandung, Viking, terpantau asyik nonton bareng laga Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion Pakansari, Selasa (28/9/2022). Ferry Indra Sjarief, yang merupakan mantan Ketua Umum Jakmania dan Heru Joko, Ketua Viking Persib Club, berada di satu tribun serta duduk bersebelahan dalam kesempatan itu.

Keduanya terlihat akrab saat menyaksikan Timnas beraksi di Pakansari. Tentu, pemandangan ini menjadi sebuah oase jelang laga Persib versus Persija dalam lanjutan Liga 1 yang akan digelar 2 Oktober 2022 nanti di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

1. Bawa pesan damai

Pentolan Jakmania dan Viking Mesra Nonton Timnas: Bawa Pesan DamaiIDN Times/ Helmi Shemi

Momen kebersamaan mereka bisa menjadi sinyal untuk perdamaian. Sebab, baik Ferry dan Heru ingin segera melihat rivalitas ini bisa satu tribune.

"Kami dadakan untuk datang ke sini (Stadion Pakansari). Untuk laga 2 Oktober 2022 nanti semoga hasilnya maksimal. Apa yang diharapkan semua orang juga maksimal. Semoga sepak bola menjadi alat pemersatu bangsa," kata Heru ketika ditemui tribune VIP Stadion Pakansari.

Baca Juga: PSSI Siapkan Lawan Peringkat 60 FIFA untuk Timnas Indonesia

2. Meredakan panasnya kedua kubu di media sosial

Pentolan Jakmania dan Viking Mesra Nonton Timnas: Bawa Pesan DamaiIDN Times/Galih Persiana

Pertemuan mereka juga diharapkan menjadi pemicu untuk meredakan psywar antara kedua kubu di media sosial. Heru berharap, fans bisa semakin cerdas dan tak mudah terprovokasi atas berbagai provokasi yang berkembang.

"Ya semoga saja lah bisa reda," kata Heru.

"Psywar itu biasa dalam sepak bola. Provokasi itu bisa tumbuh subur apabila ada kelompok yang dipojokkan. Tapi, kalau semua bisa menahan diri untuk tidak terprovokasi, pasti semua provokator bakal hilang," timpal Ferry.

3. Berharap bisa segera satu tribune

Pentolan Jakmania dan Viking Mesra Nonton Timnas: Bawa Pesan DamaiThe Jakmania saat dukung Persija hadapi Persis, Minggu (31/7/2022). (dok. Istimewa)

Jakmania dipastikan tidak bisa datang ke GBLA pada 2 Oktober 2022 mendatang. Pun, Ferry legawa dengan imbauan yang dikeluarkan Polda Jawa Barat. Hanya saja, dia akan tetap datang untuk menyaksikan laga bersama Heru di GBLA.

Di sisi lain, Heru sebenarnya ingin Jakmania bisa bertolak ke Bandung. Tapi, dia sadar semua butuh proses.

"Mau bagaimana lagi. Saya sih maunya Jakmania bisa ke Bandung. Kami harus patuhi peraturan. Kita kan satu Indonesia," ujar Heru.

Baca Juga: Tiket Laga Persib vs Persija di Stadion GBLA Sudah Terjual 15 Ribu

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya