Penyesalan Shin Tae Yong Usai Timnas Indonesia Bekuk Curacao

Pertahanan Timnas Indonesia perlu dievaluasi

Jakarta, IDN Times - Kemenangan Timnas Indonesia atas Curacao pada Sabtu (24/9/2022), tak lantas membuat pelatih Shin Tae Yong puas. Shin menyoroti kekurangan Pasukan Garuda meski menang dengan skor 3-2.

Ada sejumlah aspek yang perlu dibenahi Marc Klok dan kawan-kawan. Hanya saja, secara keseluruhan, performa para pemain sudah cukup bagus bagi Shin.

"Ada beberapa kesalahan. Saya akan lebih fokus untuk memperbaikinya dan lebih detail lagi," kata Shin dalam konferensi pers selepas laga.

1. Pertahanan Indonesia buruk

Penyesalan Shin Tae Yong Usai Timnas Indonesia Bekuk CuracaoElkan Baggott saat mengikuti latihan. (IDN Times/Herka Yanis).

Yang paling disorot arsitek asal Korea Selatan itu adalah sektor pertahanan. Bagi Shin, Elkan Baggott dan kolega yang bertugas di barisan belakang terlalu mudah dieksploitasi penyerang Curacao.

Kesalahan mereka dihukum lewat dua gol yang diceploskan Curacao pada menit 8 dan 25. Rangelo Janga serta Juninho Bacuna dengan mudah membobol gawang yang dijaga Nadeo Argawinata.

"Untuk pertahanan, semua yang main sebagai defense tadi itu (tampil) kurang baik," ujar Shin.

Baca Juga: Talenta Pemain Timnas Indonesia Buat Pelatih Curacao Waswas

2. Porsi latihan bertahan memang kurang

Penyesalan Shin Tae Yong Usai Timnas Indonesia Bekuk CuracaoLatihan Timnas Indonesia. (IDN Times/Herka Yanis)

Pun, Shin mengakui memang kurang memberi porsi yang lebih di sektor pertahanan saat pemusatan latihan (TC). Maka dari itu, Shin bakal melakukan evaluasi mendalam.

"Untuk membuat organisasi defense yang lebih baik perlu waktu panjang. Tetapi, tim kami memang kurang latihan defense (saat TC)," kata Shin.

Baca Juga: Ditumbangkan 3-2 oleh Timnas Indonesia, Curacao Kecewa

3. Apresiasi Shin untuk Pasukan Garuda

Penyesalan Shin Tae Yong Usai Timnas Indonesia Bekuk CuracaoIDN Times/Debbie Sutrisno

Namun demikian, Shin tak lupa mengapresiasi anak-anak asuhnya. Pasukan Garuda dinilai mampu menjalani instruksinya dengan baik sepanjang babak.

Shin mengaku terkesan dengan daya juang dan mentalitas anak-anak asuhnya. Egy Maulana Vikri dan kolega tak silau berduel dengan Curacao, yang memiliki peringkat FIFA lebih tinggi.

"Banyak hal yang menyusahkan tim kami. Tetapi tetap kita bisa membalikkan skor ketika tertinggal, dan memang punya kehausan terhadap kemenangan di kandang jadi para pemain sangat bekerja keras. Untuk itu, saya berterima kasih banyak. Pemain sudah tampil sangat baik," ujar Shin

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya