Persebaya Bantai Persita di Indomilk Arena

Persebaya tanpa ampun sikat Persita

Jakarta, IDN Times - Persebaya Surabaya pesta gol di markas Persita Tangerang, Indomilk Arena, dalam lanjutan Liga 1, Rabu (18/1/2023). Bajul Ijo menang telak dengan skor 5-0.

Persita sebenarnya sempat tampil dominan di awal babak pertama. Namun, serangan yang dibangun Ramiro Fergonzi dan kawan-kawan tidak berjalan efektif dan selalu mentok.

Justru, Persebaya yang mengandalkan serangan balik lebih mengancam. Pada menit 10, Bajul Ijo nyaris saja membuka skor jika bola muntah hasil tendangan keras Silva Lelis bisa dimanfaatkan Mochamad Supriadi dengan matang.

Marselino Ferdinan menjadi momok di sepertiga akhir lapangan Persita. Setelah beberapa kali gagal menundukkan kiper Persita, Dhika Bayangkara, Marselino akhirnya mampu membuka keran gol Persebaya, menit 26.

Berawal dari skema sepak pojok, Marselino mendapatkan bola liar di luar kotak penalti. Wonderkid 18 tahun itu dengan cermat melepaskan tembakan first time yang sukses menggetarkan gawang Persita. Keunggulan Persebaya dengan skor 1-0 terjaga hingga jeda turun minum.

Persita tancap gas di babak kedua. Mereka langsung mendapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan, lewat tembakan keras Fergonzi menit 46. Namun, upayanya masih bisa dimentahkan kiper Ernanrdo Ari.

Semenit kemudian, Persita justru kebobolan lagi lewat serangan balik. Muhammad Rifqi melakukan blunder, yang akhirnya membuat Marselino mencetak brace menit 47.

Persita sebenarnya bisa memperkecil kedudukan menit 57. Hanya saja, gol Wildan Ramdhani harus dianulir wasit karena dianggap offside.

Di sisi lain, permainan anak-anak asuh Aji Santoso kian cair usai unggul dua gol. Pendekar Cisadane kerepotan, yang membuat mereka kerap melakukan pelanggaran di area berbahaya.

Situasi itu ternyata menguntungkan bagi Persebaya. Bajul Ijo mampu melebarkan keunggulannya, berkat eksekusi bola mati dari Rizky Ridho yang menyentuh jala gawang Persita, menit menit 63.

Harapan Persita untuk melakukan comeback sirna setelah Persebaya menambah gol menit 81. Itu karena Dhika melanggar Ahmad Nifiandani di kotak terlarang. Paulo Victor sukses menuntaskan tugasnya sebagai eksekutor penalti.

Empat menit sebelum waktu normal habis, Persebaya masih mampu menambah kedudukan. Sho Yamamoto menutup pesta gol sekaligus memastikan kemenangan Persebaya dengan skor 5-0.

Baca Juga: Bawa Full Tim, Persebaya Buru 3 Poin di Tangerang

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya