Piala Asia 2023: AFC Bakal Inspeksi Stadion di Indonesia

Sejumlah stadion bakal ditinjau kelayakannya

Jakarta, IDN Times - Perwakilan Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) akan berkunjung ke Indonesia dalam proses pencalonan Piala Asia 2023. Dalam waktu dekat, perwakilan AFC akan memeriksa kelayakan sejumlah stadion di Indonesia untuk menggelar Piala Asia.

Indonesia pada akhirnya memang mencalonkan diri sebagai salah satu tuan rumah Piala Asia. Mandat dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, langsung diimplementasikan oleh PSSI dan Kemenpora. Meski baru mengajukan diri di menit-menit akhir, pencalonan Indonesia pada akhirnya diterima AFC.

1. AFC akan bertolak ke Indonesia

Piala Asia 2023: AFC Bakal Inspeksi Stadion di IndonesiaLogo PSSI. (Website/pssi.org)

PSSI sudah menerima surat konfirmasi dari AFC yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Datuk Seri Windsor John. Dalam surat itu, AFC menyatakan akan berkunjung ke Indonesia.

Kunjungan itu untuk melakukan inspeksi kelayakan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Sejumlah stadion akan disambangi mereka pada 1 hingga 4 September 2022 mendatang.

"Pada 1 Agustus 2022 lalu, kami menerima surat balasan dari AFC. Tentu kami akan menyambut baik kedatangan mereka. AFC akan mengunjungi beberapa stadion yang menjadi calon venue," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengutip laman resmi federasi.

Baca Juga: Lolos ke Piala Asia, Ranking Indonesia di FIFA Melesat!

2. Stadion apa saja yang akan diinspeksi?

Piala Asia 2023: AFC Bakal Inspeksi Stadion di IndonesiaStadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Hanya saja, PSSI belum bisa membocorkan rincian stadion yang akan diinspeksi AFC. PSSI akan melakukan rapat internal dulu soal stadion mana yang sekiranya cocok dikunjungi AFC.

"PSSI akan mengusulkan beberapa stadion kepada AFC untuk dikunjungi dan dinilai. Namun, nama-nama stadion akan digodok dulu oleh PSSI sebelum akhirnya diputuskan," bunyi pernyataan PSSI.

3. AFC bukan hanya ke Indonesia

Piala Asia 2023: AFC Bakal Inspeksi Stadion di IndonesiaPotret Stadium Lusail di Qatar. (the-afc.com)

AFC tak hanya berkunjung ke Indonesia. Perwakilan AFC juga akan terbang ke Australia, Korea Selatan, dan Qatar, setelah inspeksi di Indonesia rampung.

"Setelah itu AFC akan bertolak ke Australia 4 sampai 7 September 2022. Pada tanggal yang sama tim AFC juga melakukan kunjungan ke Korea Selatan. Sedangkan Qatar yang juga tuan rumah Piala Dunia 2022 akan menjadi kunjungan terakhir AFC pada 8 hingga 10 September," demikian pernyataan PSSI.

Baca Juga: AFC Umumkan Tuan Rumah Piala Asia 2023 pada 17 Oktober

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya