Piala Dunia U-20 Batal di Indonesia, Apparel Ini Rugi

Pelaku UMKM juga ikut kena dampaknya

Jakarta, IDN Times - Kerugian batalnya Indonesia menggelar Piala Dunia U-20 2023 bukan hanya dari sisi pemain. Pemegang lisensi merchandise pun ikut merugi setelah status Indonesia selaku tuan rumah dicabut FIFA, Rabu (29/3/2023).

PT Juara Raga Adidaya (Juaraga) menjadi pemegang lisensi tersebut dipastikan rugi besar. Mereka pun menyesal karena gagal menyuguhkan suvenir berkualitas kepada para pencinta sepak bola menyusul pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala dunia U-20.

"Sebagai pemegang lisensi, tentu saja kami merasakan dampak besar dari pembatalan ini. Kami sangat sedih tidak dapat memberikan pengalaman merchandise yang diharapkan para penggemar," begitu pernyataan resmi Juaraga di akun instagramnya @juaraga.id.

1. Pelaku UMKM juga kena dampak

Piala Dunia U-20 Batal di Indonesia, Apparel Ini RugiLogo Piala Dunia U-20 2023. (pssi.org).

Bukan hanya Juaraga. Pelaku UMKM yang telah menjalin kerja sama dengan mereka juga ikut kena dampak yang begitu besar.

Seperti produsen, hingga penyedia bahan baku lokal yang bermitra dengan mereka, batal berpartisipasi untuk menjual suvenir resmi Piala Dunia U-20 2023 Indonesia.

"Pembatalan ini juga sangat berdampak pada UMKM yang terlibat, termasuk para produsen, penyedia bahan baku, dan pelaku usaha kecil yang bermitra dengan kami," tulis Juaraga.

Baca Juga: Indonesia Rugi Nyaris Rp1 T Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

2. Merchandise terbanyak dalam sejarah

Juaraga juga gagal menuntaskan ambisinya untuk memecahkan rekor sebagai pemegang lisensi. Padahal, mereka bisa menjadi yang pertama dalam menjual jenis suvenir dalam sejarah Piala Dunia U-20.

"Kami telah melaksanakan amanah ini dengan memproduksi 53 jenis merchandise. Terbanyak dalam sejarah penyelenggaraan Piala Dunia U-20," tulis Juaraga.

IDN Times sudah mencoba menghubungi manajemen Juaraga terkait besaran kerugian yang muncul. Namun, hingga sekarang belum ada jawaban dari mereka akan hal tersebut.

3. Berikan semangat kepada Timnas U-20

Piala Dunia U-20 Batal di Indonesia, Apparel Ini RugiTimnas Indonesia U-20 di Piala Asia u-20 2023 Uzbekistan. (Dok. AFC).

Juaraga juga memberikan semangat kepada Timnas Indonesia U-20. Mimpi mereka tampil di ajang kedua terbesar FIFA itu harus batal, meski Piala Dunia U-20 sudah di depan mata.

"Tidak lupa dukungan kami kepada Timnas Indonesia U-20 untuk tetap bersemangat dan terus melatih diri menjadi yang terbaik, demi mengibarkan sang Merah Putih di kancah dunia," tulis Juaraga.

Baca Juga: Hokky Caraka Sindir Ganjar Usai Indonesia Gagal Gelar Piala Dunia U-20

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya