Piala Indonesia Batal Digelar Tahun Ini

Banyak faktor yang buat Piala Indonesia batal

Jakarta, IDN Times - Piala Indonesia pada akhirnya batal digelar. PSSI menyatakan turnamen pendamping dari seluruh kompetisi di Indonesia tersebut tak bisa diselenggarakan atas berbagai faktor.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyatakan waktu persiapan untuk menggelar Piala Indonesia begitu mepet. Makanya, PSSI akhirnya memilih untuk membatalkannya ketimbang event digelar berantakan. Apalagi, jadwal Liga 1 juga terbilang padat.

"Karena waktu yang mepet dan padatnya jadwal Liga 1, kelihatannya tidak mungkin tahun ini. Mungkin tahun depan, Insya Allah," kata Iwan Bule (sapaannya) usai konferensi pers pembukaan Liga 2, di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (28/8/2022).

1. Tak ada sponsor

Piala Indonesia Batal Digelar Tahun IniKetua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita dalam konferensi pers pembukaan Liga 2 2022/2023, Minggu (28/8/2022). (IDN Times/Tino).

Piala Indonesia juga tak dapat sponsor. PSSI pun tak mau ambil risiko. Sebab, Liga 2 saja hingga kick-off digulirkan sore tadi masih belum mendapatkan sponsor dan harus disubsidi dari Liga 1.

"Yang terpenting sponsor. Mungkin, sponsor bakal ada kalau situasi COVID-19 sudah selesai," ucap Iriawan.

Baca Juga: Liga 2 Dapat Subsidi dari Liga 1 Gegara Tak Ada Sponsor Utama

2. Padahal sudah ada yang bersiap

Piala Indonesia Batal Digelar Tahun IniANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Sebenarnya, sudah ada tim yang bersiap menyambut Piala Indonesia. Persija Jakarta contohnya. Ketimbang serius di Piala Presiden, pelatih Persija, Thomas Doll, mengaku lebih baik menyiapkan diri menghadapi Piala Indonesia.

"Piala Indonesia penting bagi kami. Jika kami berkesempatan memenangkan sesuatu, saya pikir ini bukan waktunya untuk menghadapi lawan dengan skuad yang seadanya. Kami tidak hanya berpikir menjuarai kompetisi, andai punya berpeluang untuk menjuarai turnamen lain harus dikejar," ujar Doll beberapa waktu lalu.

3. Sudah absen selama tiga tahun

Piala Indonesia Batal Digelar Tahun IniIDN Times/Achmad Hidayat Alsair

Piala Indonesia sudah vakum selama tiga tahun. Terakhir, turnamen pendamping itu digelar pada 2018/19 silam. PSM Makassar keluar jadi juara setelah mengalahkan Persija.

Setelahnya, Piala Indonesia vakum. Pandemik COVID-19 yang melanda Indonesia membuat kompetisi di berbagai lini harus ditiadakan. Baru pada musim 2022 ini kompetisi bisa digelar dengan normal.

Baca Juga: BRI Liga 1: Bali United Menang Besar Lawan Persik Kediri

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya